Pembangunan Intelegensi Bisnis untuk Subjek Penjualan Pada Perusahaan Penghasil Makanan dan Susu (Studi kasus PT. Mirota KSM)

Bagaskara, Alexander Andung (2018) Pembangunan Intelegensi Bisnis untuk Subjek Penjualan Pada Perusahaan Penghasil Makanan dan Susu (Studi kasus PT. Mirota KSM). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
TF067910.pdf

Download (640kB)
[img] Text (BAB I)
TF067911.pdf

Download (407kB)
[img] Text (BAB II)
TF067912.pdf

Download (453kB)
[img] Text (BAB III)
TF067913.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text (BAB IV)
TF067914.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
TF067915.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
TF067916.pdf

Download (390kB)

Abstract

Persaingan dalam bisnis penjualan susu saat ini semakin ketat dengan banyaknya perusahaan yang terjun dalam bisnis ini. Bagaimana cara mengambil keputusan yang tepat untuk meningkatkan penjualan, menambah pelanggan,dan mempertahankan pelanggan adalah beberapa masalah yang dihadapi PT Mirota KSM. Salah satu cara untuk menghadapi masalah-masalah di atas adalah dengan memahami tren penjualan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan pelanggan, sehingga perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat. Berdasarkan permasalahan di atas penulis berkeinginan untuk membantu memecahkan masalah PT. Mirota KSM dengan menerapkan Inteligensi Bisnis. Proses pembangunan Intelegensi Bisnis dimulai dengan menganalisis masalah yang terjadi berdasarkan hasil wawancara, menentukan masalah yang terjadi, menentukan dimensi dan fakta yang akan digunakan dalam pembuatan laporan, membuat proses Extract Transform Load (ETL), Data Warehouse dibutuhkan untuk membuat cube dan membuat laporan. Permasalahan yang ada adalah dalam membuat keputusan dibutuhkan waktu yang lama dan proses nya akan membutuhkan waktu oleh sebab itu solusi yang digunakan adalah intelegensi bisnis Karena laporan menjadi hal yang krusial dalam pengambilan keputusan, maka dibutuhkan laporan yang tepat dan akurat yang dihasilkan oleh Intelegensi Bisnis. Telah dibangun intelegensi bisnis untuk subjek penjualan di PT. Mirota KSM yang akan digunakan untuk membantu mengambil keputusan yang tepat dari laporan yang dihasilkan, sehingga proses bisnis menjadi lebih optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Intelegensi Bisnis (IB), Data Warehouse, Extract Transform Load(ETL), Subjek Penjualan, PT. Mirota KSM
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Mar 2018 11:59
Last Modified: 05 Mar 2018 11:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14126

Actions (login required)

View Item View Item