PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE UNTUK REKOMENDASI PENGENALAN MONUMEN BERSEJARAH DI KOTA MANADO

RUPILU, MOSHE MARKHASI (2018) PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE UNTUK REKOMENDASI PENGENALAN MONUMEN BERSEJARAH DI KOTA MANADO. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
MTF022440.pdf

Download (751kB)
[img] Text (BAB I)
MTF022441.pdf

Download (288kB)
[img] Text (BAB II)
MTF022442.pdf

Download (242kB)
[img] Text (BAB III)
MTF022443.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text (BAB IV)
MTF022444.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text (BAB V)
MTF022445.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB)
[img] Text (BAB VI)
MTF022446.pdf

Download (298kB)

Abstract

Menggali nilai sejarah dari sebuah monumen adalah hal yang penting, karena selain menjaga nilai budaya dan sejarah, hal tersebut bisa menambah wawasan kita secara pribadi. Di Indonesia terutama di kota Manado propinsi Sulawesi Utara memiliki monumen yang berjumlah banyak. Monument-monumen itu didirikan berdasarkan nilai sejarah agama, budaya maupun perjuangan, namun semua itu tidak tertulis secara detail di bagian ornament. Agar mendapat informasi monumen yang terperinci memerlukan pencarian secara manual dengan cara bertanya kepada pihak atau sumber yang berkaitan. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu dikembangkan suatu aplikasi yang memanfaatkan Location Based Service (LBS) dengan beberapa metode sesuai algoritma dan dirancang khusus untuk digunakan pada perangkat smartphone, sehingga informasi dari masing-masing monumen di kota Manado dapat ditampilkan di detail dengan menggunakan koordinat GPS point. Metode yang digunakan untuk memberikan rekomendasi monumen adalah K-Nearst Neighbor (k-NN) dan Collaborative Filtering (CF). Selanjutnya, wisatawan bisa mendapatkan pilihan yang dipilih oleh sistem sesuai dengan bobot kesamaan (x1, x2, ...) yang direkomendasikan. Metode ini juga digunakan bagi pengguna dalam mencari lokasi monumen terdekat dengan posisinya; memanfaatkan algoritma k-NN berdasarkan perbandingan sesuai dengan koordinat lokasi pengguna dengan monumen yang dimaksud. Dalam proses rekomendasi monumen melibatkan atribut-atribut yang menjadi parameter sebagai beberapa prioritas untuk mendapatkan sebuah rekomendasi. Pengembangan aplikasi ini (MonumentApp) memberikan kontribusi kepada wisatawan yang ingin mengetahui dan mencari informasi tentang monumen yang ada di kota Manado secara efisien dan efektif. Informasi monumen direkomendasikan langsung kepada pengguna dengan gambaran perhitungan sesuai parameter-parameter yang ada pada sistem MonumentApp. Dengan demikian, wisatawan dapat melihat informasi monumen yang direkomendasikan dan pencarian beberapa lokasi monumen di kota Manado secara real time.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Monumen, Kota Manado, Smartphone, Location Based Service, k- Nearest Neighbor (k-NN), Collaborative Filtering (CF).
Subjects: Magister Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Mar 2018 13:31
Last Modified: 08 Mar 2018 13:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14173

Actions (login required)

View Item View Item