USULAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN DI MINIMARKET CITROULI

GULTOM, THYESZA RINDANG SEREPINA (2016) USULAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN DI MINIMARKET CITROULI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (THYESZA RINDANG SEREPINA GULTOM)
TI06324.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Fenomena yang ada pada saat sekarang ini banyak bermunculan bisnis ritel, salah satunya adalah minimarket Citrouli. Keunggulannya yang menyediakan kebutuhan sehari – hari juga didukung oleh jam pelayanannya yang menyediakan waktu 24 jam. Dengan pelayanan 24 jam Citrouli cukup ramai dikunjungi pelanggan pada malam hari. Tantangan yang dihadapi Citrouli adalah bagaimana Citrouli mampu bersaing dengan pasar ritel lainnya, bagaimana Citrouli mempertahankan pelanggan, dan bagaimana pelanggan puas dan tetap loyal berbelanja dengan Citrouli. Alir metode penelitian dilaksanakan dengan 3 tahap yakni 1. Tahap 1, terdiri dari a. studi lapangan di Citrouli dan studi literatur, b. perumusan masalah dan tujuan penelitian, c. pengamatan awal pada prilaku konsumen dan frekuensi kunjungan (konsumen) pada siang dan malam hari, d. Melaksanakan perbandingan dengan usaha sejenis yakni Mirota pada harga dan program loyalty; 2. Tahap 2, terdiri dari a. perancangan kuesioner dalam menentukan CRM, b. penyebaran kuesioner formal; 3. Tahap 3, terdiri dari analisis data dengan analisis data statistik deskriptif dan membuat kesimpulan serta saran. Berdasarkan analisis deskriptif peneliti mengajukan 2 program loyalitas agar konsumen tetap belanja di citrouli yakni : 1. Program penawaran beli satu gratis satu, hal ini ditunjukkan dengan total responden yang cukup setuju/cukup ingin, setuju/ingin, dan sangat setuju/sangat ingin berjumlah 85 responden. Program tersebut merupakan kebutuhan konsumen agar tetap loyal belanja di citrouli; 2. Program penggunaan membercard, hal ini ditunjukkan dengan total responden yang cukup setuju/cukup ingin, setuju/ingin, dan sangat setuju/sangat ingin berjumlah 83 responden. Program tersebut merupakan kebutuhan konsumen agar tetap loyal belanja di citrouli.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management, Retail, deskriptif
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Mar 2018 10:47
Last Modified: 14 Mar 2018 10:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14243

Actions (login required)

View Item View Item