LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PANTI REHABILITASI PASCASTROKE DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR ORGANIK

ROSZITA, RENIDA (2016) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PANTI REHABILITASI PASCASTROKE DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR ORGANIK. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (RENIDA ROSZITA)
TA13788.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Penyakit stroke merupakan salah satu penyebab kecacatan di kalangan usia dewasa. Dari jumlah pasien stroke yang selamat, sepertiganya mengalami cacat fisik ringan hingga berat dan membutuhkan bantuan orang lain untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Keadaan ini biasa disebut pascastroke. Rehabilitasi merupakan upaya untuk mengembalikan fungsi tubuh yang cacat tersebut. Perawatan pascastroke merupakan perawatan yang sulit dan membutuhkan waktu yang relatif lama sehingga hal ini menjadi latar belakang pengusulan proyek Panti Rehabilitasi Pascastroke di Yogyakarta. Kegiatan pelayanan rehabilitasi pascastroke meliputi fisioterapi aktif & pasif, terapi okupasi ADL (Activity Daily Living), dan terapi wicara. Keterbatasan gerak pasien dan kecenderungan akan serangan depresi pascastroke menjadi permasalahan utama dalam perencanaan dan perancangan Panti Rehabilitasi Pascastroke ini. Permasalahan tersebut akan dipecahkan dengan menciptakan suasana rileks guna mendukung proses pemulihan melalui pengolahan tata ruang dalam dan tata ruang luar. Pendekatan yang digunakan dalam perancangan ini adalah Arsitektur Organik. Arsitektur Organik merupakan langgam arsitektur yang secara konseptual menggabungkan konsep rumah tinggal manusia dengan alam. Lingkungan alam dapat memberikan energi positif dan memberikan suasana yang rileks bagi pasien stroke supaya terhindar dari depresi sehingga dapat membantu proses pemulihan pascastroke.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Panti Rehabilitasi, Pascastroke, Arsitektur Organik
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Mar 2018 11:17
Last Modified: 15 Mar 2018 11:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14265

Actions (login required)

View Item View Item