Proses Kerja News Room dalam Produksi Berita di Korporasi Media (Studi Kasus “Sistem Integrasi” dalam Proses Produksi Berita di Global TV yang Merupakan Bagian dari MNC Media)

PRAMESTI, ISWARI ANGGIT (2016) Proses Kerja News Room dalam Produksi Berita di Korporasi Media (Studi Kasus “Sistem Integrasi” dalam Proses Produksi Berita di Global TV yang Merupakan Bagian dari MNC Media). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ISWARI ANGGIT PRAMESTI)
KOM04571.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Dalam era konvergensi saat ini, konglomerasi pada industri media semakin menjamur. Bahkan, di Indonesia sendiri, kepemilikan media massa hanya dikuasai oleh 13 kelompok, salah satunya MNC Corporations dengan MNC Media di dalamnya. Jika dilihat dari perspektif pasar, melakukan korporasi bukanlah hal yang salah, justru dengan adanya korporasi, sebuah industri dapat lebih mudah untuk memenuhi keinginan pasar dan mengatasi pesaing potensial. Inilah yang hendak dicapai oleh industri media kebanyakkan di Indonesia. Ketika sebuah industri media memiliki media cetak, televisi, radio, dan online lebih dari satu, tentu akan mudah untuk menguasai pasar dan mengantisipasi pesaing potensial lainnya. Ketika sebuah industri melakukan korporasi, tentu memiliki aturan atau sistem manajemen yang mengatur seluruh perusahaan bagian, tidak hanya di kulit luar tapi juga di dalam seperti manajemen SDM, dan sebagainya. Begitu juga yang dilakukan oleh MNC Media, dalam hal ini stasiun televisi yakni, RCTI, Global TV, MNC TV, dan I-News TV. MNC Media, memiliki sebuah sistem manajemen yang mengatur seluruh stasiun televisi di dalamnya. Pada penelitian ini, peneliti fokus pada sistem manajemen news room yang diterapkan oleh MNC Media. Sistem manajemen news room tersebut dikenal dengan istilah “sistem integrasi”. “Sistem integrasi” di MNC Media, hanya mengatur pada proses produksi berita, dalam tahap news gathering dan news writting, sementara untuk news editing tetap terpisah, mengingat “dapur redaksi” tiap stasiun televisi juga terpisah. Dikarenakan “sistem integrasi” hanya mengatur pada tahap news gathering dan news writting saja, maka yang menjadi subjek utama adalah tim liputan, dalam hal ini reporter dan camera person. Dengan diterapkannya “sistem integrasi” dalam proses produksi berita di MNC Media, tentu memiliki dampak, baik postif maupun negatif, yang dirasakan oleh tim liputan. Dalam penelitian ini, akan dibahas lebih lanjut bagaimana vi penerapan “sistem integrasi” dalam proses produksi berita di MNC Media, khususnya Global TV. Selain itu, dalam penelitian ini juga akan dijabarkan dampak positif maupun negatif dari diterapkannya “sistem integrasi” yang dirasakan oleh tim liputan sebagai subjek utama.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: korporasi, proses kerjanews room, sistem integrasi, proses produksi berita
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Mar 2018 10:54
Last Modified: 20 Mar 2018 10:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14306

Actions (login required)

View Item View Item