ANALISIS PERBANDINGAN EFEKTIFITAS ROAD HUMP DALAM MENGURANGI KECEPATAN KENDARAAN BERMOTOR BERDASARKAN JENISNYA (STUDI KASUS JL RINGROAD UTARA, JL. KALISAHAK DEPAN INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND, DAN JL.TEKNIKA SELATAN UNIVERSITAS GAJAH MADA)

PERDANA, TITUS DWI (2018) ANALISIS PERBANDINGAN EFEKTIFITAS ROAD HUMP DALAM MENGURANGI KECEPATAN KENDARAAN BERMOTOR BERDASARKAN JENISNYA (STUDI KASUS JL RINGROAD UTARA, JL. KALISAHAK DEPAN INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND, DAN JL.TEKNIKA SELATAN UNIVERSITAS GAJAH MADA). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
TS148480.pdf

Download (672kB)
[img] Text (BAB I)
TS148481.pdf

Download (477kB)
[img] Text (BAB II)
TS148482.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
TS148483.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
TS148484.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
TS148485.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text (BAB VI)
TS148486.pdf

Download (396kB)

Abstract

Penanggulangan dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas berkendara saat ini salah satunya adalah dengan Road Humps yang digunakan untuk menghambat kecepatan Analisis efektifitas Road Humps meliputi data volume kendaraan bermotor, perhitungan kecepatan rerata yang dibagi pada dua area yakni 50 meter sebelum kendaraan bermotor melewati Road Hump serta 10 meter pada saat kendaraan bermotor melewati Road Humps, dan mencari data kapasitas ruas jalan dengan rumus C = Co x FCLJ x FCPA x FCHS x FCUK lalu dikelompokkan sesuai dengan tingkat kelas pelayanan ruas jalan yang tertuang pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 14 Tahun 2006 tentang Karakteristik Tingkat Pelayanan atau Level of Services (LOS).Dari proses analisis Road Humps dalam mengurangi kecepatan kendaraan bermotor berdasarkan jenisnya pada ketiga lokasi pengamatan maka diperolehperbandingan Road Humps yang lebih efektif dalam mereduksi Kecepatan Kendaraan bermotor yaitu pada lokasi Jalan Kalisahak daerah Kampus AKPRIND(Speed Bump) dengan nilai efektifitasnya 77,98 % dan Jalan Teknika Selatan daerahKampus UGM (Speed Table) dengan nilai efektifitasnya 69,68 % yang mempunyai nilai efetifitas diatas 50% sedangkan pada jalan Ring Road Utara penggunaan Rumble Stips terbilang tidak efektif dalam mereduksi kecepatan kendaraan bermotor karena tingkat efektifitasnya hanya 36,93 %.Dari analisis mengenai tingkat pelayanan ruas jalan akibat pengaruh Road Humps di ketiga lokasi pengamatan maka diperoleh tingkat pelayanan ruas jalan dalam beberapa kelas yang sesuai dengan dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 14 Tahun 2006 tentang Karakteristik Tingkat Pelayanan atau Level of Services (LOS), yaitu pada jalan Ring Road Utara (Rumble Strips) mempunyai tingkat pelayanan kelas C, Jalan Kalisahak daerah Kampus AKPRIND (Speed Bump) mempunyai tingkat pelayanan kelas D, serta Jalan Teknika Selatan daerah Kampus UGM (Speed Table) mempunyai tingkat pelayanan kelas C maka dari itu dapat disimpulkan bahwa pada jenis Rumble Strips tingkat pelayanan ruas jalan tetap tinggi, sedangkan pada bentuk Speed Table dan Speed Bump dapat memberikan dampak yang cukup besar pada tingkat pelayanan ruas jalan Jalan Kalisahak daerah Kampus AKPRIND dan Jalan Teknika Selatan daerah Kampus UGM.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Road Humps, Rumble Strips, Speed Bump, Speed Table, Kecepatan, Volume, Level of Service
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Mar 2018 13:16
Last Modified: 20 Mar 2018 13:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14311

Actions (login required)

View Item View Item