JURNALISME DAMAI PEMBERITAAN KASUS GAFATAR DI REPUBLIKA.CO.ID DAN HARIAN REPUBLIKA (Analisis Isi Penerapan Jurnalisme Damai Pemberitaan Konflik Gafatar (Gerakan Fajar Nusantara) di Mempawah, Kalimantan Barat Dalam Republika.co.id dan Harian Republika Periode 19-31 Januari 2016)

SARASWATI, RATIH (2016) JURNALISME DAMAI PEMBERITAAN KASUS GAFATAR DI REPUBLIKA.CO.ID DAN HARIAN REPUBLIKA (Analisis Isi Penerapan Jurnalisme Damai Pemberitaan Konflik Gafatar (Gerakan Fajar Nusantara) di Mempawah, Kalimantan Barat Dalam Republika.co.id dan Harian Republika Periode 19-31 Januari 2016). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (RATIH SARASWATI)
KOM04837.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penerapan jurnalisme damai dalam pemberitaan kasus Gafatar di Republika.co.id dan Harian Republika. Kasus Gafatar adalah konflik yang berkaitan dengan aliran keagamaan Islam. Organisasi tersebut, dinilai menyimpang dari ajaran agama Islam dan ditentang oleh berbagai kalangan. Hingga terjadilah pengusiran anggota Gafatar dan pembakaran pemukimannya di Mempawah, Kalimantan Barat. Republika.co.id dan Harian Republika yang didirikan oleh komunitas muslim berimbas pada unsur berita yang terkandung di dalamnya. Dilihat dari sejarahnya, Republika.co.id dan Harian Republika sebagai media berbasis Islam. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan pengkodingan pemberitaan mengenai kasus organisasi Gafatar periode 19-31 Januari 2016 di media online Republika.co.id. dan Harian Republika sebanyak 86 berita. Kesimpulannya Harian Republika lebih menerapkan jurnalisme damai daripada Republika.co.id. Meskipun keduanya memiliki ideologi yang sama, keduanya menunjukkan hasil yang berbeda. Hal tersebut dikarenakan, karakteristik media cetak dan media online yang berbeda. Secara gasris besar Harian Republika dan Republika.co.id. telah menerapkan jurnalisme damai dalam pemberitaan konflik Gafatar

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gafatar, Jurnalisme Damai, Republika
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Mar 2018 09:23
Last Modified: 21 Mar 2018 09:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14315

Actions (login required)

View Item View Item