PURA DALEM DESA ADAT PEGUYANGAN KANGIN KECAMATAN DENPASAR UTARA DENGAN METODE PENDEKATAN ARSITEKTUR TRADISONAL BALI YANG DIWUJUDKAN DALAM POLA TATANAN MASSA SESUAI FILOSOFI TRI MANDALA

KURNIAWAN, BAGUS (2017) PURA DALEM DESA ADAT PEGUYANGAN KANGIN KECAMATAN DENPASAR UTARA DENGAN METODE PENDEKATAN ARSITEKTUR TRADISONAL BALI YANG DIWUJUDKAN DALAM POLA TATANAN MASSA SESUAI FILOSOFI TRI MANDALA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (BAGUS KURNIAWAN)
TA14519.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Kemajuan budaya dalam suatu masyarakat dapat diketahui dari tradisi yang ditelusuri dari peninggalannya di masa lampau. Agama, adat istiadat, dan kebudayaan yang sangat kuat terhadap perkembangan Agama Hindu di Bali pada umumnya, sebagai wujud penghormatan terhadap orang-orang yang memiliki kedudukan penting dalam suatu kelompok masyarakat. Tradisi semacam ini masih tetap berlanjut hingga saat ini. Dengan kata lain tradisi pemujaan terhadap roh nenek moyang dan dapat dikatakan sebagai tradisi lokal yang telah dilaksanakan secara turun-temurun. Adat istiadat dan budaya menjadi salah satu tradisi masyarakat Bali yang dapat diketahui perkembangannya baik yang berasal dari periode Pra-Hindu bahkan sampai pada Periode Bali Modern. Maka dari itu, tujuan perencanaan dan perancangan Pura Dalem Desa Adat Peguyangan Kangin Kecamatan Denpasar Utara ini adalah untuk melengkapi adanya sebuah Krematorium yang status nya sudah menjadi setra, sekaligus agar dapat menyeimbangkan setra dan Pura Dalem. Serta untuk meningkatkan umat Hindu Dharma dari sisi tradisi adat istiadat, budaya dan keagamaan untuk mewujudkan seradha bhaktinya di hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa atau Tuhan Yang Maha Esa.Perencanaan dan Perancangan Pura Dalem Desa Adat Peguyangan Kangin Kecamatan Denpasar Utara ini adalah merupakan fasilitias tempat ibadah atau tempat persembahyangan, sekaligus sebagai fasilitas tempat tinggal sementara bagi para Sulinggih dan fasilitas pendukung lainnya yang mampu menciptakan suasana keharmonisan antara bangunan, manusia, dan lingkungan. Dengan menggunakan pendekatan arsitektur tradisional Bali yang diwujudkan dalam pola tatanan massa sesuai filosofi Tri Mandala.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Setra, Pura Dalem, Pola Tatanan Massa, Harmonis, Arsitektur Tradisional Bali, Tri Mandala.
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Mar 2018 10:34
Last Modified: 23 Mar 2018 10:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14337

Actions (login required)

View Item View Item