PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP NIAT PEMBELIAN DENGAN PREFRENSI MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada niat pembelian konsumen pada merek Samsung)

Adriani, Venlie (2018) PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP NIAT PEMBELIAN DENGAN PREFRENSI MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada niat pembelian konsumen pada merek Samsung). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Venlie Adriani)
EM20005.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Ekuitas merek yang kuat merupakan suatu hal yang penting bagi perusahaan karena memberikan nilai tambah pada produk yang dijual perusahaan. Memahami akan arti penting ekuitas merek, maka perusahaan harus dapat membangun merek yang kuat pada produk atau jasa layanan perusahaan. Ekuitas merek yang kuat akan dijadikan preferensi bagi konsumen dan dapat meningkatkan niat pembelian konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk menguji peranan preferensi merek dalam memediasi pengaruh ekiitas merek terhadap niat pembelian. Obyek penelitian ini ini adalah merek Samsung, sedangkan subyek penelitian adalah masyarakat di Yogyakarta yang berencana membeli produk-produk elektronika merek Samsung. Penelitian mengambil sampel 140 orang responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi, path analysis, dan oneway anova. Hasil penelitian ini adalah, 1) Ekuitas merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap preferensi merek, 2) Ekuitas merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat pembelian, 3) Preferensi merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat pembelian. 4) Preferensi merek memediasi sebagian pengaruh ekuitas merek terhadap niat pembelian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ekuitas merek, preferensi merek, niat pembelian.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Apr 2018 09:15
Last Modified: 10 Apr 2018 09:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14376

Actions (login required)

View Item View Item