PENGARUH RETURN ON ASSETS (ROA), DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN, DAN FINANCIAL STABILITY TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2011-2015

Papendang, Julian Claudio (2018) PENGARUH RETURN ON ASSETS (ROA), DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN, DAN FINANCIAL STABILITY TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2011-2015. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Julian Claudio Papendang)
EA20655.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Manajemen laba merupakan suatu tindakan manajemen untuk mengelola perolehan laba suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh Return on Assets (ROA), dewan komisaris independen, dan financial stability terhadap manajemen laba. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan maupun laporan tahunan pada masing-masing perusahaan manufaktur selama 5 periode yaitu tahun 2011-2015. Penelitian ini menggunakan 490 sampel. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah manajemen laba yang diukur dengan menggunakan metode modified Jones yang diawali dengan menghitung total akrual untuk setiap perusahaan yang menjadi sampel, variabel independen dalam penelitian ini adalah Return on Assets (ROA) yang diukur dengan membagi antara laba bersih setelah pajak dengan total aset perusahaan, dewan komisaris independen diukur dengan menghitung rasio perbandingan antara total dewan komisaris independen dengan total keseluruhan anggota dewan komisaris, serta variabel financial stability yang diiukur dengan menghitung rasio perubahan total aset per tahun. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa Return on Assets (ROA) berpengaruh negatif terhadap manajemen laba, ukuran dewan komisaris independen tidak memiliki pengaruh terhadap manajemen laba, dan financial stability berpengaruh positif terhadap manajemen laba.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: manajemen laba, Return on Assets (ROA), dewan komisaris independen, dan financial stability.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Apr 2018 08:14
Last Modified: 13 Apr 2018 08:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14417

Actions (login required)

View Item View Item