EFEKTIVITAS MOBILE ADVERTISING PADA APLIKASI MESSENGER (Studi Deskriptif Iklan yang terdapat pada Aplikasi BlackBerry Messenger dengan Menggunakan Metode Nielsen Brand Impact)

Ginting, Ria Amelia (2016) EFEKTIVITAS MOBILE ADVERTISING PADA APLIKASI MESSENGER (Studi Deskriptif Iklan yang terdapat pada Aplikasi BlackBerry Messenger dengan Menggunakan Metode Nielsen Brand Impact). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Ria Amelia Ginting )
KOM04628.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan teknologi salah satunya yaitu telepon seluler di Indonesia menciptakan sebuah media sebagai alternatif baru dalam beriklan yaitu mobile advertising. Mobile advertising merupakan sebuah media yang baru dalam dunia pemasaran. Hal ini tidak lepas dari adanya teknologi internet yang semakin berkembang sehingga memudahkan manusia untuk saling bertukar informasi dengan cepat dan mudah dalam waktu yang singkat. Teori utama yang digunakan yaitu teori integrasi informasi untuk mengetahui bagaimana informasi yang diterima memiliki potensi untuk mempengaruhi seseorang dalam menentukan sikap. Seiring berkembangan pengguna media telepon seluler untuk beriklan, maka pemasar atau pengiklan perlu mengetahui efektivitas iklan dalam menggunakan media tersebut untuk menarik minat khalayak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengukur efektivitas mobile advertising pada aplikasi BlackBerry Messenger. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan menggunakan metode Nielsen Brand Impact. Sampel penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dan penentuan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang artinya pengambilan sampel dari orang-orang yang dipilih peneliti menurut ciri-ciri spesifik dan karakteristik tertentu. Sehingga sampel yang diperoleh sebanyak 100 responden yang memiliki ciri spesifik yaitu aktif dalam menggunakan aplikasi messenger BBM. Pengukuran efektivitas menggunakan metode Nielsen brand impact untuk mengukur efektivitas iklan online dengan brand impact sebagai tolak ukur. Adapun variabel yang menjadi pengukuran efektivitas yaitu brand awareness, wants and needs, action consideration, share, dan maksud pembelian. Empat variabel akan diketahui nilai rata-rata (mean) total yang menjadi standar efektivitas. Namun pada variabel brand awareness akan diketahui nilai tengah (median) yang menjadi standar efektivitas. Pada 4 variabel yang sudah mengetahui nilai rata-rata total, kemudian mencari nilai lebar kelas. Sehingga kelas yang akan diperoleh yaitu sangat tidak efektif, tidak efektif, cukup efektif, efektif, dan sangat efektif. Hasil dari masing-masing variabel yaitu nilai tengah brand awareness 4 (efektif), nilai rata-rata wants and needs 2,40 (cukup efektif), nilai rata-rata action considertion 1,33 (tidak efektif), nilai rata-rata share 0,61(sangat tidak efektif), dan nilai rata-rata maksud pembelian 2,48 (cukup efektif). Hasil penelitian ini diperoleh dari kesimpulan bahwa iklan pada aplikasi messenger BBM terbilang cukup efektif. Hal ini diperoleh dari nilai rata-rata seluruh variabel yaitu 1,98 dari kategori range 1,5-2,1 yang terbilang cukup efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teori integrasi informasi, Nielsen Brand Impact, Efektivitas
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Apr 2018 09:48
Last Modified: 13 Apr 2018 09:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14426

Actions (login required)

View Item View Item