PEMODELAN KONSEP DAN RANCANGAN MEKANIK SEBUAH PURWARUPA UNMANNED GROUND VEHICLE UNTUK PERGERAKAN OMNIDIRECTIONAL

Purbowaskito, Widagdo (2017) PEMODELAN KONSEP DAN RANCANGAN MEKANIK SEBUAH PURWARUPA UNMANNED GROUND VEHICLE UNTUK PERGERAKAN OMNIDIRECTIONAL. Dinamika Rekayasa, 13 (2). ISSN 1858-3075

[img] Text (PEMODELAN KONSEP DAN RANCANGAN MEKANIK SEBUAH PURWARUPA UNMANNED GROUND VEHICLE UNTUK PERGERAKAN OMNIDIRECTIONAL)
Jurnal Widagdo P 1.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penggunaan UGV sebagai bagian dari otomasi disektor industri pertanian dilakukan secara intensif sebagai solusi dari masalah tenaga kerja dan produksi. Saat ini UGV yang dikembangkan pada sektor industri pertanian masih terbatas pada kemampuan bermanuvernya. UGV dengan kemampuan bermanuver yang tinggi dibutuhkan untuk melakukan beberapa pekertajaan pertanian dalam rangka untuk meningkatkan fisiensi produksi pertanian. Sehingga paper ini mengusulkan sebuah ide baru perancangan mekanik UGV untuk memperbaiki kemampuan bermanuver UGV. Paper ini menawarkan sebuah konsep perancangan mekanik untuk mendukung pergerakan omnidirectional sebagai kelebihan pergerakan UGV pada permukaan lahan pertanian. Suatu sistem steering independen dirancang pada UGV ini untuk mendukung mekanisme pergerakan omnidirectional. Sebelum proses pembuatan, konsep, rancangan, dan struktur UGV pertanian yang diusulkan dievaluasi menggunakan simulasi untuk memahami mengenai struktur rangka dan mekanisme geraknya. Pada penelitian ini, analisis struktur dan gerak dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak computer aided design. Hasilnya menunjukan bahwa sistem steering yang dirancang dapat digunakan sebagai mekanisme kemudi untuk mendukung pergerakan omnidirectional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perancangan mekanik, unmanned ground vehicle, computer aided design, industri pertanian.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Apr 2018 09:09
Last Modified: 17 Apr 2018 09:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14443

Actions (login required)

View Item View Item