Pembentukan Personal Brand Melalui Vlog (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Proses Pembentukan Brand Image Erix Soekamti pada Subscribers You Tube Channel melalui Tayangan Diary of Erix Soekamti)

Akoso, Pradipta Tri (2017) Pembentukan Personal Brand Melalui Vlog (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Proses Pembentukan Brand Image Erix Soekamti pada Subscribers You Tube Channel melalui Tayangan Diary of Erix Soekamti). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Pradipta Tri Akoso)
KOM04591.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Personal brand merupakan konsep yang memungkinkan seseorang untuk melakukan pemerekan atas dirinya dalam konteks bisnis. Penelitian ini akan mengkaji tentang pembentukan personal brand Erix Soekamti melalui tayangan vlog Diary of Erix Soekamti mengacu pada model komunikasi Lasswell dengan menempatkan aspek self disclosure dalam pesan, vlog sebagai channel, subscribers You Tube Channel sebagai receiver, dan brand image Erix Soekamti sebagai effect. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan serial vlog Diary of Erix Soekamti sebagai objek penelitian dan subscribers You Tube Channel Erix Soekamti sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data primer dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap enam orang subscribers serta mengkonfirmasi data temuan dengan tayangan Diary of Erix Soekamti. Penelitian yang telah dilakukan menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa vlog Diary of Erix Soekamti memuat proses pembentukan brand image Erix Soekamti dalam benak keenam subscribers selaku informan dalam penelitian ini. Self disclosure Erix Soekamti dalam tayangan ini telah mengubah pandangan informan terhadap dirinya. Penyampaian informasi tentang berbagai detail yang selama ini tidak terungkap telah menepis berbagai asumsi awal informan terhadap sosok Erix Soekamti yang erat dengan stigma. Erix Soekamti kini tampil dengan brand image yang positif dan memiliki rangkaian asosiasi yang disukai, unik, dan kuat. Diary of Erix Soekamti merupakan tayangan vlog yang dapat memengaruhi persepsi subscribers dengan mengubah stigma informan penelitian ini terhadap

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Personal Brand, Vlog, Videoblog, You Tube
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Apr 2018 12:07
Last Modified: 17 Apr 2018 12:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14448

Actions (login required)

View Item View Item