BERITA SEKS DAN KRIMINAL DI TELEVISI (Analisis Isi Kuantitatif Penerapan Kode Etik Jurnalistik Televisi dalam Pemberitaan Bertema Seks dan Kriminal pada Program REDAKSIANA Trans 7 periode Maret-Mei 2016)

Febrian, Andreas Ricky (2017) BERITA SEKS DAN KRIMINAL DI TELEVISI (Analisis Isi Kuantitatif Penerapan Kode Etik Jurnalistik Televisi dalam Pemberitaan Bertema Seks dan Kriminal pada Program REDAKSIANA Trans 7 periode Maret-Mei 2016). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Andreas Ricky Febrian)
KOM04317.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)

Abstract

Berita merupakan produk jurnalistik yang mengisahkan suatu peristiwa, yang sedang atau telah berlangsung di sekitar kita. Berita dapat dikemas dengan berbagai macam kemasan, yakni Berita Ringan Soft News maupun Berita Berat Hard News. Tak terkecuali berita yang memuat tema kriminal ataupun seks (tindak asusila). Program Berita yang diteliti adalah Redaksiana Trans 7. Redaksiana merupakan Program berita yang kurang umum, karena menempatkan komentar serta narasi yang berbau komedi untuk menjadi bumbu dalam setiap tayangan berita mereka. Kode Etik Jurnalistik merupakan sebah etika terapan yang melindungi serta mengawasi gerak praktisi pada bidang jurnalisme. Terkadang demi mendapatkan keuntungan bisnis, media kerap mengesampingkan aturan atau etika profesi yang harus mereka emban. Untuk itulah Penelitian ini berusaha melihat bagaimana Berita Seks dan Kriminal dalam tayangan Redaksiana menerapkan Kode Etik Jurnalisme dalam setiap tayanganya. Menggunakan metode Analisis Isi Kuantitatif, peneliti berusaha melihat penerapan Kode Etik Jurnalisme dalam program Redaksiana Trans 7. Penelitian ini mencoba melihat setiap teks yang disampaikan pada khalayak , yang nantinya akan dilihat bagaiaman penerapan pasal-pasal Kode Etik Jurnalisme.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kode Etik Jurnalisme, Penerapan, Berita Kriminal dan Seks
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Apr 2018 09:25
Last Modified: 18 Apr 2018 09:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14464

Actions (login required)

View Item View Item