KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA STAF HUMAS DAN WARTAWAN DI PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA (Studi Kasus dengan Teori Pertukaran Sosial tentang Komunikasi Interpersonal antara Staf Humas dan Wartawan dalam Hubungan Media di Pemerintah Kota Yogyakarta)

CECIANTI, VEMBERITA PUTI (2017) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA STAF HUMAS DAN WARTAWAN DI PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA (Studi Kasus dengan Teori Pertukaran Sosial tentang Komunikasi Interpersonal antara Staf Humas dan Wartawan dalam Hubungan Media di Pemerintah Kota Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (VEMBERITA PUTI CECIANTI)
KOM04729.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Pentingnya media mulai disadari oleh organisasi mengingat bahwa organisasi membutuhkan media dalam penyampaian pesannya ke khalayak luas. Sejalan dengan Pemerintah Kota Yogyakarta sebagai humas dalam pemerintahan mempunyai kaitan yang erat dengan kegiatan komunikasi ke publik eksternal masyarakat Kota Yogyakarta. Kegiatan itu sendiri tak lepas dengan adanya staf humas sebagai perwakilan dari Pemerintah Kota Yogyakarta dan wartawan dari berbagai media di Yogyakarta. Seorang humas harus memiliki keahlian berkomunikasi serta personal approach yang baik. Oleh karena itu komunikasi interpersonal yang dilakukan antara staf humas dan wartawan mempunyai tujuan untuk dapat mengembangkan atau mengelola hubungan dan saling mengetahui kebutuhan satu sama lain, sehingga kegiatan publisitas Pemerintah Kota Yogyakarta dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus yang bertujuan untuk menjelaskan secara komprehensif komunikasi interpersonal yang terjadi antara staf humas dan wartawan. Komunikasi interpersonal yang dilakukan staf humas dan wartawan di Pemkot Yogyakarta berada pada tahap mengembangkan dan mengelola hubungan. Dalam hubungan tersebut, terdapat hal yang ditukarkan sehingga teori perukaran sosial dapat mendeskripsikannya lebih dalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi interpersonal yang dijalankan adalah komunikasi informal yang tetap menyangkut pekerjaan maupun di luar pekerjaan. Terdapat pengorbanan dan penghargaan yang ditukarkan oleh staf humas dan wartawan didasarkan pada sifat manusia dan sifat hubungan itu sendiri yang mempunyai kesimpulan besar bahwa staf humas dan wartawan lebih menyukai kesenangan dan menghindari hukuman dalam hubungan interpersonalnya. Selanjutnya, terdapat tiga struktur pertukaran sosial yang staf humas dan wartawan lakukan, yakni, pertukaran langsung, pertukaran produktif dan pertukaran tergeneralisasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Pertukaran sosial
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Apr 2018 09:37
Last Modified: 18 Apr 2018 09:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14466

Actions (login required)

View Item View Item