Siahaan, Cardo S.Tenop (2018) PENGARUH PERSEPSI KUALITAS WEBSITE, EWOM, PERSEPSI MANFAAT, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP SIKAP PADA BELANJA ONLINE DI TOKOPEDIA.COM. S1 thesis, UAJY.
Text (Cardo S.Tenop Siahaan)
EM20777.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kualitas website, EWOM, persepsi manfaat, dan kepercayaan terhadap sikap pada belanja online di Tokopedia.com. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i dari beberapa universitas yang berada di Kota Yogyakarta yang sudah pernah mengunjungi serta melakukan belanja online di situs Tokopedia.com minimal 1 kali dalam 6 bulan terakhir sebanyak 151 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan secara ONLINE dengan mengirimkan link kuesioner dari google forms yang kemudian di sebar di grup LINE dan WhatsApp. Metode analisis yang digunakan adalah regresi sederhana, regresi berganda, dan path analysis untuk menguji mediasi. Hasil penelitian dari regresi sederhana menunjukkan bahwa persepsi kualitas website memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap persepsi manfaat, begitu juga terhadap EWOM memiliki pengaruh yang positif dan signifikan, persepsi kualitas website juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepercayaan. EWOM juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepercayaan. Sedangkan regresi berganda, hasil analisis menunjukan bahwa persepsi kualitas website, persepsi manfaat, dan kepercayaan secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap sikap pada belanja online. Hasil pengujian path analysis dalam penelitian ini menunjukan bahwa EWOM memediasi antara persepsi kualitas website terhadap kepercayaan secara parsial, dan Kepercayaan juga memediasi persepsi kualitas website terhadap sikap pada belanja online secara parsial.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Kualitas Website, E-WOM, Persepsi Manfaat, Kepercayaan, Sikap pada belanja online. |
Subjects: | Manajemen > Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 20 Apr 2018 13:17 |
Last Modified: | 20 Apr 2018 13:17 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14487 |
Actions (login required)
View Item |