T-Shirt sebagai Media Komunikasi Ideologi (Studi Deskriptif Kualitatif Proses Penggunaan T-Shirt sebagai Media Komunikasi Ideologi Metalhead pada Komunitas Musik Metal Jogjakarta Corpse Grinder, Yogyakarta)

SETIAWAN, DANNY (2017) T-Shirt sebagai Media Komunikasi Ideologi (Studi Deskriptif Kualitatif Proses Penggunaan T-Shirt sebagai Media Komunikasi Ideologi Metalhead pada Komunitas Musik Metal Jogjakarta Corpse Grinder, Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (DANNY SETIAWAN)
KOM04417.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Media komunikasi yang digunakan oleh masyarakat saat ini bermacammacam bentuknya.Salah satunya adalah media berupa T-shirt. Penelitian ini ingin melihat bagaimana proses T-shirt sebagai media komunikasi ideologi pada komunitas metal Jogjakarta Corpse Grinder di Yogyakarta. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori komunikasi interaksi simbolik, ideologi, dan desain komunikasi visual. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Obyek penelitian ini adalah T-shirt dan subyek penelitian ini adalah desainer pada komunitas metal Jogjakarta Corpse Grinder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data dan disajikan dalam kalimat yang runtut sehingga mudah dipahami.Untuk mendapatkan data secara valid penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian adalah proses pertama terjadi dalam diri seorang desainer. Dalam tahap ini seorang desainer menjadi I, yaitu seorang desainer menjadi dirinya yang menjalankan ideologi metalhead dan membentuk citra diri metalheaddengan cara membuat desain yang mengandung unsur ideologi metalhead. Tahap kedua adalah desainer menginterpretasikan ke dalam sebuah desain. Desain dicetak di media yaitu T-shirtyang membawa pesan ideologi metalhead mempunyai karakteristik dan mempunyai visualisasi dari simbolsimbol pemujaan terhadap setan seperti warna hitam, behemoth, pentagram, dan tengkorak, serta mempunyai ciri khas font yang menyerupai akar dan sulit untuk dibaca.Tahap terakhir yaitu T-shirt didistribusikan ke anggota komunitas dimana yang menerima pesan ideologi metalhead melalui media T-shirtakan saling mengartikan pesan ideologi tersebut dengan menafsirkan gambar yang terdapat pada T-shirt. Kesimpulan dari penelitian ini adalah desainer yang mempunyai pemahaman ideologi metalheadmemvisualisasikan pemahaman ideologinya kedalam sebuah karya visual.Visualisasi tersebut dicetak di media yaitu Tshirt. Hal itu digunakan untuk mengkomunikasikan ideologi metalhead karena di dalamnya terdapat desain dengan unsur-unsur ideologi metalhead.T-shirt tersebut juga dikenakan oleh anggota sebagai atribut metal, dan anggota komunitas saling menafsirkan desain visual sebagai pesan ideologi metalhead dari desainer. Saran untuk penelitian ini adalah desainer metal dalam membuat desain metal sebaiknya selalu memasukan unsur-unsur metal agar dapat diterima oleh anggota komunitas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ideologi metalhead, T-shirt, Interaksi Simbolik
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Apr 2018 09:14
Last Modified: 23 Apr 2018 09:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14493

Actions (login required)

View Item View Item