KONSEP DIRI PENGGUNA AKTIF APLIKASI MEDIA SOSIAL SNAPCHAT (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Konsep Diri Mahasiswa UAJY Sebagai Pengguna Aktif Aplikasi Media Sosial Snapchat Berdasarkan Unggahan yang Disertai Brand)

SETYAWAN, CHRISTIAN DENNY (2016) KONSEP DIRI PENGGUNA AKTIF APLIKASI MEDIA SOSIAL SNAPCHAT (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Konsep Diri Mahasiswa UAJY Sebagai Pengguna Aktif Aplikasi Media Sosial Snapchat Berdasarkan Unggahan yang Disertai Brand). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (CHRISTIAN DENNY SETYAWAN)
KOM04628.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Konsep diri sebagai gambaran diri yang bersifat menyeluruh terhadap keberadaan diri seseorang diketahui berasal dari interaksi antara diri sendiri maupun dengan orang lain (lingkungan sosialnya). Seiring berkembangnya jaman, interaksi tersebut dapat terjadi melalui sebuah media yang dinamakan media sosial. Penelitian ini menggunakan Snapchat sebagai obyek untuk diteliti, di mana Snapchat mewakili media sosial yang memiliki peran penting dalam kegiatan berinteraksi sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini untuk memahami konsep diri yang ditunjukkan mahasiswa/i sebagai pengguna aktif Snapchat. Teori yang digunakan untuk membahas penelitian ini adalah konsep diri, teori komunikasi pengungkapan diri, dan teori Johari Window. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian adalah mahasiswa/i UAJY untuk mewakili pengguna aktif Snapchat. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam pada para informan, observasi keseharian informan, dan media uses diaries. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah Snapchat menjadi channel informan untuk menunjukkan konsep diri. Faktor teman terdekat ditemukan berperan dalam pemilihan aktivitas di Snapchat. Pengungkapan diri juga muncul melalui unggahan pengguna untuk membagi informasi yang ingin dimunculkan saja. Aspek brand diketahui mempengaruhi konsep diri informan dan dari enam informan hanya didapatkan empat dari tujuh tipe kepribadian pengguna media sosial Snapchat berdasarkan observasi dan wawancara mendalam, yaitu 2 tipe pengintai, 1 tipe deniers, 2 tipe ultras, dan 1 tipe narsis. Serta ditemukan dua ruang dari Johari Window yaitu open dan hidden area, sedangkan blind dan unknown area tidak dapat ditemukan karena penelitian ini hanya berfokus pada informasi yang didapat dari informan saja. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa konsep diri informan dipengaruhi oleh adanya interaksi dan pengalaman dengan teman sebagai orang terdekat (significant others) dan pengaruh aspek brand. Macam-macam konsep diri yang ditemukan adalah sosial ideal, aktual, dan sosial dengan konsep diri yang dominan adalah eksis, gaul/kekinian, traveller, easy-going, dan trendsetter.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Konsep diri, brand, Snapchat
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Apr 2018 11:35
Last Modified: 23 Apr 2018 11:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14496

Actions (login required)

View Item View Item