STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PARIWISATA KABUPATEN TEMANGGUNG DALAM MEMBENTUK CITRA PARIWISATA MELALUI DUTA WISATA

PUSPA, DINAR WARNANING (2017) STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PARIWISATA KABUPATEN TEMANGGUNG DALAM MEMBENTUK CITRA PARIWISATA MELALUI DUTA WISATA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (DINAR WARNANING PUSPA)
KOM04730.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40MB)

Abstract

Strategi komunikasi merupakan sebuah perencanaan dan proses mengelola perencanaan tersebut untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan. Citra merupakan bagaimana cara pandang pihak lain terhadap suatu organisasi atau aktivitas tertentu. Penelitian ini berfokus untuk melihat strategi komunikasi yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Temanggung dalam membentuk citra dengan menempatkan Duta Wisata sebagai komunikatornya. Hasil penelitian menunjukkan Dinas Pariwisata Kabupaten Temanggung memiliki rencana strategis dan rencana kerja dalam menyusun strategi komunukasinya. Berdasarkan analisis proses komunikasi, Dinas Pariwisata Kabupaten Temanggung sudah memperhatikan unsur yang dikemukakan oleh Lasswell yaitu komunikator, pesan, komunikan, media komunikasi, dan efek. Sedangkan dari analisis strategi menurut Mitzberg dan Quinn, Dinas Pariwisata Kabupaten Temanggung memiliki empat dari lima unsur yaitu strategy as a plan, strategy as a pattern, strategy as a position dan strategy as a perspective. Dalam hal ini yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Temanggung adalah menggunakan komunikator dalam berbagai kegiatan, yaitu peran Duta Wisata dalam berbagai kegiatan yang dilakasanakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Citra, Duta Wisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Temanggung
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Apr 2018 11:51
Last Modified: 23 Apr 2018 11:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14497

Actions (login required)

View Item View Item