STRATEGI KREATIF DALAM PEMBUATAN NATIVE ADVERTISING OLEH AGENSI IKLAN (Studi Deskriptif Kualitatif Proses Penyusunan dan Implementasi Strategi Kreatif Untuk Iklan Nissan dan Asuransi AXA Mandiri Melalui Native Advertising di PT FreakOut dewina Indonesia)

Widyaningrum, Ancilla Ribka (2018) STRATEGI KREATIF DALAM PEMBUATAN NATIVE ADVERTISING OLEH AGENSI IKLAN (Studi Deskriptif Kualitatif Proses Penyusunan dan Implementasi Strategi Kreatif Untuk Iklan Nissan dan Asuransi AXA Mandiri Melalui Native Advertising di PT FreakOut dewina Indonesia). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Ancilla Ribka Widyaningrum)
KOM05278.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin canggih dapat mengubah beberapa hal menjadi semakin mudah. Perubahan tersebut juga diikuti dengan kebiasaan khalayak yang saat ini sudah banyak menggunakan gadget untuk mendapatkan segala bentuk informasi. Perkembangan dan perubahan ini juga terjadi dalam dunia periklanan. Native advertising muncul karena kebiasaan orang yang menggunakan gadget serta membuat setiap orang yang menggunakan gadget tidak terganggu dengan adanya iklan.Native advertising akan muncul di portal berita online di mana format tersebut menyesuaikan dengan format dalam portal online. Nissan dan Asuransi AXA Mandiri menggunakan native advertising untuk melakukan campaign produk mereka. Pembuatan kreatif akan melihat dari objective dan juga marketing mix berupa 4P (price, product, place, promotion) agar pesan yang disampaikan sesuai. Penelitian ini dilakukan untuk melihat strategi kreatif yang digunakan untuk naiive advertising oleh PT FreakOut dewina Indonesia dalam membuat iklan untuk Nissan dan Asuransi AXA Mandiri. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dengan informan yang bekerja di PT FreakOut dewina Indonesia. Strategi kreatif yang dilihat adalah keputusan kreatif dan juga keputusan media yang digunakan. Kreatif yang digunakan untuk native advertising adalah headline dan juga visual. Media yang digunakan untuk native advertising adalah media online. Pada akhirnya, kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kreatif yang digunakan dalam native advertising adalah headline dan juga visual. Strategi lain yang digunakan adalah dengan adanya targeting yaitu waktu, channel, dan OS (Operating System). Native advertising juga melihat pendekatan antara hardsell maupun softsell sesuai dengan objective dari pesan iklan tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: native advertising, digital advertising, targeting, headline, visual, media online.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Apr 2018 09:58
Last Modified: 24 Apr 2018 09:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14505

Actions (login required)

View Item View Item