PENGARUH TERPAAN DAN DAYA TARIK IKLAN TELEVISI “BUKALAPAK EMANG CINCAI” TERHADAP BRAND AWARENESS BUKALAPAK (Studi Explanatif Kuantitatif Pada Anggota Komunitas Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Kapuas di Yogyakarta)

RIZKY, TRIAS SETIAWAN (2018) PENGARUH TERPAAN DAN DAYA TARIK IKLAN TELEVISI “BUKALAPAK EMANG CINCAI” TERHADAP BRAND AWARENESS BUKALAPAK (Studi Explanatif Kuantitatif Pada Anggota Komunitas Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Kapuas di Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (TRIAS SETIAWAN RIZKY)
KOM04708.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh terpaan dan daya tarik iklan Bukalapak “Emang Cincai” terhadap brand awareness Bukalapak dimana variabel terpaan iklan (X1) dan daya Tarik iklan (X2) adalah variabel independen, sedangkan variabel dependen adalah brand awareness (Y). Penelitian ini adalah penelitian eksplanatif kuantitatif dengan menggunakan data primer dengan mengumpulkan data-data yang diperoleh melalui proses pengisian kuesioner oleh responden. Responden dalam penelitian ini adalah anggota komunitas Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Kapuas (IKPMKA) yang berjumlah 106 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan IBM SPSS 21 for windows. Peneliti melakukan penelitian terhadap 100 responden untuk menguji pengaruh terpaan iklan TV dan daya tarik iklan terhadap brand awareness Bukalapak. Berdasarkan hasil analisa data penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Responden anggota komunitas ikatan pelajar mahasiswa Kapuas yang berjenis kelamin laki-laki memiliki penilaian pada tingkatan sedang dan anggota yang berusia 20-25 tahun pada tingkatan tinggi terhadap daya tarik iklan dan brand awareness. (2) Berdasarkan tampilan output SPSS model summary besarnya nilai adjusted R Square adalah 0,178. Hal ini berarti 1,78% variasi brand awareness Bukalapak (Y) dapat dijelaskan oleh variasi dari dua variabel independen, terpaan iklan TV (X1) dan daya tarik iklan (X2). (3) Secara parsial, variabel terpaan iklan dan daya Tarik iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness bukalapak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terpaan Iklan, Daya Tarik Iklan, Brand Recogntion, Brand Awareness
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Apr 2018 10:05
Last Modified: 24 Apr 2018 10:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14508

Actions (login required)

View Item View Item