PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN TERHADAP EKUITAS MEREK DENGAN LOYALITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Konsumen Pengguna Smartphone)

Alviano , Joseph Kevin (2017) PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN TERHADAP EKUITAS MEREK DENGAN LOYALITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Konsumen Pengguna Smartphone). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Joseph Kevin Alviano)
EM18711.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)

Abstract

Salah satu keputusan pemasaran yang penting dalam strategi produk adalah keputusan tentang merek. Merek memiliki banyak fungsi yang antara lain adalah untuk membedakan dengan produk/merek pesaing, memberikan isyarat kualitas dan manfaat serta manfaat-manfaat lainnya. Sebuah produk dengan merek yang kuat akan menjadi pilihan konsumen dalam menentukan pengambilan keputusan pembelian merek. Berdasarkan hal tersebut maka penting bagi pemasar untuk membangun ekuitas merek yang kuat bagi produk perusahaan. Untuk dapat meningkatkan ekuitas merek produk perusahaan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Meningkatkan loyalitas konsumen pada merek perusahaan dan menggunakan merek yang berasal dari negara dimana produk atau merek tersebut peratma kali dibuat (country of origin) merupakan beberapa cara untuk memperkuat ekuitas merek produk perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk menguji peranan loyalitas merek dalam memediasi pengaruh country of origin terhadap ekuitas merek. Penelitian dilakukan pada 150 konsumen pengguna smartphone merek Samsung di Yogyakarta yang membeli dan menggunakannya sendiri smartphone merek Samsung minimal selama 3 bulan terakhir. Hasil penelitian ini memberikan bukti yang nyata bahwa ekuitas merek secara nyata dipengaruhi oleh loyalitas merek dan country of origin. Pengaruh country of origin terhadap ekuitas merek akan lebih kuat saat sebuah merek mampu menciptakan konsumen yang semakin loyal. Loyalitas merek memediasi pengaruh country of origin terhadap ekuitas merek.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: country of origin, loyalitas dan ekuitas merek
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Apr 2018 10:16
Last Modified: 24 Apr 2018 10:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14509

Actions (login required)

View Item View Item