PENGARUH ADVERTISING VALUE TERHADAP SIKAP PADA IKLAN (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pengaruh Tingkat Advertising Value terhadap Sikap Audiens pada Native Advertising di Situs Berita Online Detik.com)

Ganis, Paquita Ayu (2018) PENGARUH ADVERTISING VALUE TERHADAP SIKAP PADA IKLAN (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pengaruh Tingkat Advertising Value terhadap Sikap Audiens pada Native Advertising di Situs Berita Online Detik.com). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (PAQUITA AYU GANIS)
KOM 05151.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)

Abstract

Periklanan di Indonesia kini telah memanfaatkan internet sebagai konsekuensi dari perkembangan teknologi. Berbagai jenis iklan online talah bermunculan, salah satunya adalah Native Advertising yang hadir sebagai sebuah format iklan. Tujuan perusahaan menggunakan iklan adalah untuk menarik dan membuat audiens menyukai produk atau jasa tersebut. Untuk itu iklan yang memiliki advertising value dapat memunculkan respon dari audiens berupa sikap pada iklan. Sikap pada iklan juga dapat dipengaruhi oleh tingkat terpaan iklan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatif dan dilakukan dengan metode survei. Populasi yang masuk dalam penelitian ini adalah audiens yang pernah membaca Native Advertising di situs berita online Detik.com dengan sampel 100 responden. Kuisioner yang disebarkan secara online digunakan untuk memperoleh data. Kemudian dilakukan uji validitas, reabilitas dan uji regresi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Stimulus Organisme Respon (SOR), teori sikap, terpaan iklan dan advertising value. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel tingkat terpaan iklan, advertising value dan sikap audiens pada Native Advertising. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh advertising value terhadap sikap audiens pada iklan yang dikuatkan dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Hasil juga membuktikan terdapat pengaruh advertising value terhadap sikap audiens pada iklan ketika dikontrol oleh tingkat terpaan iklan yang dikuatkan dengan nilai signifikansi 0.002 < 0.05. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh advertising value terhadap sikap audiens pada Native Advertising di situs berita online Detik.com.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: advertising value, sikap pada iklan, terpaan iklan, native advertising
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Apr 2018 10:23
Last Modified: 24 Apr 2018 10:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14510

Actions (login required)

View Item View Item