PENGARUH ELEMEN STORE ATMOSPHERE TERHADAP NIAT BELI ULANG GENERASI Y (Studi Empiris terhadap Supermarket Superindo di Yogyakarta)

Pittaloka, Dionisia Dyah (2017) PENGARUH ELEMEN STORE ATMOSPHERE TERHADAP NIAT BELI ULANG GENERASI Y (Studi Empiris terhadap Supermarket Superindo di Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Dionisia Dyah Pittaloka)
EM20100.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Di masa sekarang ini, cukup banyak toko-toko ritel yang memberikan nilai tambah agar konsumen memiliki niat beli ulang. Salah satu keunggulan kompetitif yang dapat ditambahkan adalah suasana toko (store atmosphere). Ketika konsumen merasa puas dari lingkungan toko ritel, pelanggan tersebut akan menghabiskan waktu lebih di toko tersebut, membeli lebih banyak, dan ingin datang kembali karena rangsangan lingkungan yang menyenangkan Elemen store atmosphere yang digunakan dalam penelitian ini adalah kebersihan, musik, aroma, temperatur, pencahayaan, warna, display. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh beberapa elemen dalam store atmosphere terhadap niat beli ulang konsumen di semua Super Indo di daerah Yogyakarta. Peneliti memilih Superindo sebagai objek penelitian karena Super Indo merupakan supermarket yang memiliki produk yang cukup variatif, memiliki banyak cabang, dan penempatan yang cukup strategis, sehingga dapat diperkirakan banyak konsumen yang sering berbelanja di Super Indo, terutama generasi Y. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kebersihan, musik, temperatur, pencahayaan, warna memiliki pengaruh terhadap niat beli ulang. Untuk aroma dan display tidak berpengaruh terhadap niat beli ulang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Store Atmosphere, Kebersihan, Musik, Aroma, Temperatur, Pencahayaan, Warna, Display, Niat Beli Ulang, Generasi Y
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Apr 2018 08:31
Last Modified: 30 Apr 2018 12:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14539

Actions (login required)

View Item View Item