Hubungan Antara Sikap Konsumen Terhadap Pesan Iklan Dengan Perilaku Studi Korelasi Sikap Konsumen Terhadap Pesan Iklan Lifebuoy Versi “Cuci Tangan” Dengan Perilaku Cuci Tangan Dengan Sabun Pada Ibu-ibu di Perumahan Winong Yogyakarta

Andressa, Pikka (2011) Hubungan Antara Sikap Konsumen Terhadap Pesan Iklan Dengan Perilaku Studi Korelasi Sikap Konsumen Terhadap Pesan Iklan Lifebuoy Versi “Cuci Tangan” Dengan Perilaku Cuci Tangan Dengan Sabun Pada Ibu-ibu di Perumahan Winong Yogyakarta. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02070.pdf

Download (2549Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM02070.pdf

Download (155Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM02070.pdf

Download (773Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM02070.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02070.pdf

Download (97Kb)

Abstract

Iklan menempati posisi penting dalam mata rantai industri yang diharapkan menjadi sarana pengenalan dan pembujukan pada audiens untuk melakukan apa yang diharapkan oleh produsen. Namun, jika iklan sudah dianggap sebuah pengganggu maka yang paling mudah dilakukan audiens adalah dengan mengganti saluran media, misalnya mengganti channel televisinya karena tidak mau menonton iklan. Maka sebuah iklan harus kaya akan kreatifitas dalam mendekati indera demi mendapatkan perhatian audiens. Beberapa waktu lalu, virus Flu A sempat mengkhawatirkan penduduk di berbagai belahan dunia. Kekhawatiraan masyarakat terhadap penyebaran virus Flu A diterjemahkan Lifebuoy sebagai insight yang baik untuk melakukan kampanye cuci tangan 4 kali sehari dengan sabun demi menghindari virus Flu A. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara sikap yang terbentuk pada konsumen dari iklan Lifebuoy versi “Cuci Tangan” dengan kebiasaan mencuci tangan mereka. Apakah konsumen akhirnya mengikuti kebiasaan yang dianjurkan yaitu mencuci tangan dengan sabun atau hanya sekedar menerima iklan Lifebuoy tanpa diikuti perilaku mencuci tangan dengan sabun. Posisi paradigmatik penelitian adalah penelitian kuantitatif, jenis explanatory yaitu peneliti menjelaskan hubungan-hubungan melalui pengujian hipotesa dengan metode survey menggunakan kuisioner. Dari penelitian antara variabel sikap (X) dan variabel perilaku (Y) menghasilkankoefisien korelasi antara variabel X dengan Y adalah 0, 745. Berdasarkan pedoman Guilford, hubungan antar variabel tersebut termasuk pada kategori kuat, karena koefisien korelasi sebuah hubungan dikategorikan kuat ada pada angka 0,70 – 0,90. Hal ini mencerminkan bahwa antara sikap konsumen terhadap pesan iklan Lifebuoy versi “Cuci Tangan” dengan perilaku cuci tangan dengan sabun pada ibu-ibu di Perumahan Winong Yogyakarta mempunyai hubungan yang kuat dan positif. Itu berarti semakin positif sikap konsumen terhadap iklan Lifebuoy versi “cuci tangan dengan sabun”, semakin positif perilaku konsumen untuk mencuci tangan dengan sabun.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sikap terhadap iklan, perilaku
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 May 2013 11:53
Last Modified: 16 May 2013 11:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1456

Actions (login required)

View Item View Item