TIBLOLA, ERICK PAULUS (2017) EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN PERBAIKAN PADA JALAN PARANGTRITIS KRETEK – JALAN PARANGTRITIS PANGGANG, DIY. S1 thesis, UAJY.
Text (ERICK PAULUS TIBLOLA)
TS13470.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Jalan raya adalah salah satu prasarana yang akan mempercepat pertumbuhan suatu daerah serta membuka hubungan sosial, ekonomi dan budaya antar daerah. Jalan mempunyai peranan penting untuk mewujudkan perkembangan kehidupan bangsa.Oleh karena itu, sektor pembangunan dan pemeliharaan jalan menjadi prioritas untuk dapat diteliti dan dikembangkan dalam perencanaan, pelaksanaan serta pemeliharaannya. Jalan Parangtritis Kretek merupakan jalan utama menuju tempat wisata Pantai Parangtritis. Pantai tersebut adalah salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan, serta merupakan jalan penghubung antar kabupaten.Jalan ini mengalami penurunan kualitas yang disebabkan oleh volume lalu lintas yang tinggi dan berulang-ulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan tingkat kerusakan jalan yang terjadi pada ruas Jalan Parangtritis Kretek sampai Jalan Parangtritis Panggang, DIY. Penelitian ini dilakukan pada tangggal 5 september 2016, dengan cara mengamati secara visual terhadap kerusakan-kerusakan jalan yang terjadi pada perkerasan jalan, yang berguna untuk mengetahui jenis dan kondisi kerusakan jalan yang panjang 3,8 km dan dibagi menjadi 38 segmen, serta dianalisis dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI), Langkah-langkah yang dilakukan untuk menganalisis dengan metode PCI adalah : mencari nilai Density, Deduct Value, Total Deduct Value, Corrected Deduct Value, serta nilai rata-rata PCI dari seluruh segmen, kemudian mengambil solusi perbaikan dengan melakukan pelapisan tambahan (Overlay) yang mengacu pada metode analisa komponen Bina Marga 1987. Dari hasil penelitian, terdapat 12 jenis kerusakan yang terjadi pada lokasi, yaitu: retak kulit buaya, retak keriting, amblas, cacat tepi perkerasan, retak refleksi sambungan, penurunan bahu jalan, retak memanjang dan melintang, tambalan, lubang, alur, sungkur, dan pelepasan butir. Dan luas keseluruhan kerusakan jalan adalah 4025,55 m², nilai PCI rata-rata36,03 menunjukkan bahwa ruas jalan yang diteliti dalam kondisi buruk. Salah satu cara untuk memperbaiki kondisi permukaan jalan adalah dengan melakukan pelapisan tambahan (Overlay), pada ruas Jalan Parangtritis, Kretek – Jalan Parangtritis, Panggang, DIY di tambahkan overlay untuk masa layanan sampai 10 tahun sebesar 5 cm
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pavement Condition Index (PCI), Kerusakan perkerasan lentur, Pelapisan tambahan (Overlay), Evaluasi kerusakan jalan. |
Subjects: | Magister Teknik Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 02 May 2018 10:55 |
Last Modified: | 02 May 2018 10:55 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14569 |
Actions (login required)
View Item |