PENGARUH RISIKO LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN PERBANKAN (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016)

Indrayani, Ni Putu Emy (2018) PENGARUH RISIKO LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN PERBANKAN (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Ni Putu Emy Indrayani)
EA20476.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Risiko Likuiditas terhadap Profitabilitas Perusahaan Perbankan yang diproksikan dengan Return on Asset (ROA). Sedangkan risiko likuiditas dalam penelitian ini diproksikan dengan menggunakan faktor – faktor yang dapat dikelola oleh bank untuk menghindari ancaman risiko likuiditas. Faktor – faktor tersebut adalah deposito (LnDeposito), cadangan kas (LnKas), gap likuiditas (LnGap Likuiditas), dan Loan to Asset Ratio (LAR). Sampel penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode tahun 2014-2016 dengan metode purposive sampling yang berjumlah 34 bank. Data diuji dengan menggunakan SPSS, dengan melakukan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Berdasarkan rumusan masalah yang ada dalam penelitian ini, terbukti bahwa deposito, cadangan kas, gap likuiditas, dan LAR berpengaruh terhadap ROA. Cadangan kas, dan gap likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA. Sedangkan deposito dan LAR berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: bank, risiko likuiditas, profitabilitas (ROA)
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 May 2018 13:47
Last Modified: 02 May 2018 13:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14580

Actions (login required)

View Item View Item