UPAYA HUMAS BADAN PENGUSAHAAN (BP) BATAM DALAM MEMPERBAIKI CITRA ORGANISASI (Studi Kasus Pasca Kebijakan Menaikkan Tarif Uang Wajib Tahunan (UWT))

Zega, Allan Julyan (2018) UPAYA HUMAS BADAN PENGUSAHAAN (BP) BATAM DALAM MEMPERBAIKI CITRA ORGANISASI (Studi Kasus Pasca Kebijakan Menaikkan Tarif Uang Wajib Tahunan (UWT)). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Allan Julyan Zega)
KOM04361.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan upaya yang dilakukan Humas BP Batam untuk memperbaiki citra BP Batam pasca melakukan kebijakan menaikkan tarif Uang Wajib Tahunan (UWT). Kebijakan UWT yang diberlakukan oleh BP Batam mendapat respon negatif di sebagian besar kalangan publiknya. Hal tersebut dikarenakan kebijakan tarif baru UWT yang diberlakukan memberikan beban ekonomi tambahan di tengah kondisi ekonomi Kota Batam yang sedang lesu. Peran dan fungsi Humas BP Batam di dalam BP Batam sebagai badan lembaga nonstruktural sangat penting untuk memperbaiki citra buruk yang berlaku untuk mendapatkan kepercayaan kembali dari publiknya. Jenis penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan metode penelitian studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam (data primer) terhadap tiga narasumber yang bertugas di Humas BP Batam dan melalui dokumen-dokumen terkait dengan topik penelitian (data sekunder). Teknik analisa data dilakukan dengan mereduksi data hasil wawancara yang dilakukan terhadap tiga narasumber. Upaya yang dilakukan oleh Humas BP Batam untuk memperbaiki citra BP Batam pada kasus ini adalah melakukan kegiatan sosialisasi kebijakan UWT, menggunakan media sebagai media komunikasi perbaikan citra, dan melakukan strategi manajemen impresi. Semua upaya yang dilakukan Humas BP Batam saling melengkapi satu dengan yang lainnya untuk memperbaiki citra buruk yang dimiliki oleh BP Batam. Upaya tersebut tidak dapat dilakukan tanpa keseluruhan karena akan memberikan kendala baru dalam memperbaiki citra buruk yang ada. Tiga upaya yang dilakukan Humas BP Batam memberikan dampak positif bagi perbaikan citra BP Batam. Dampak positif ditunjukkan oleh publik memberikan kritik dan saran positif terhadap kebijakan yang diberlakukan oleh BP Batam tersebut. Respon positif dari upaya yang dilakukan Humas BP Batam tentunya tidak hanya dapat memperbaiki citra yang buruk secara perlahan kearah citra yang diharapan oleh BP Batam saja, tetapi juga memberikan perbaikan terhadap kinerja BP Batam dalam menjadikan Pulau Batam sebagai daerah tujuan investasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: citra organisasi, BP Batam, humas, strategi manajemen impresi, kebijakan Uang Wajib Tahunan (UWT).
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 May 2018 10:30
Last Modified: 04 May 2018 10:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14631

Actions (login required)

View Item View Item