PENGGUNAAN TEKNIK-TEKNIK AKUNTANSI MANAJEMEN PADA PERUSAHAAN PEMANUFAKTURAN DI DIY

Kristanti, Paulina Yuni (2017) PENGGUNAAN TEKNIK-TEKNIK AKUNTANSI MANAJEMEN PADA PERUSAHAAN PEMANUFAKTURAN DI DIY. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Paulina Yuni Kristanti)
EA19663.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Peningkatan jumlah industri pemanufakturan di Indonesia khususnya di DIY menuntut manajemen untuk menyediakan informasi akuntansi manajemen yang tepat dan relevan bagi para manajer berkaitan dengan fungsi manajerial Perusahaanperusahaan pemanufakturan di Indonesia belum menggunakan dan memanfaatkan penggunaan teknik akuntansi manajemen secara optimal. Tingginya pertumbuhan industri di Indonesia khususnya di DIY, membuat perusahaan-perusahaan pemanufakturan di DIY membutuhkan teknik-teknik akuntansi manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknik-teknik akuntansi manajemen pada perusahaan-perusahaan pemanufakturan yang ada di DIY. Data yang digunakan merupakan data primer, diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan secara langsung kepada owner atau akuntan manajemen di DIY. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Pengukuran data kuesioner menggunakan skala nominal dam skala Likert 5 poin. Selanjutnya analisis persentase dan analisis statistik deskriptif dengan bantuan program SPSS 17 digunakan untuk mengetahui profil responden serta untuk menganalisis teknik-teknik akuntansi manajemen yang digunakan perusahaan-perusahaan pemanufakturan di DIY. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan pemanufakturan di DIY menggunakan teknik-teknik akuntansi manajemen. Penggunaan teknik-teknik akuntansi manajemen dibuktikan melalui perhitungan jumlah perusahaan pemanufakturan di DIY yang menggunakan teknik-teknik akuntansi manajemen yang di analisis per indikator.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Teknik Akuntansi Manajemen, Teknik Akuntansi Manajemen, Perusahaan Pemanufakturan, DIY.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 May 2018 10:49
Last Modified: 07 May 2018 10:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14653

Actions (login required)

View Item View Item