ANALISIS BIAYA RAWAT PER HARI BEDINSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PANEMBAHAN SENOPATI KABUPATEN BANTUL

Tuwo, Stela Fransiska (2017) ANALISIS BIAYA RAWAT PER HARI BEDINSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PANEMBAHAN SENOPATI KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Stela Fransiska Tuwo)
EA18761.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi di rumah sakit maka dibutuhkan dukungan berupa informasi. Salah satu informasi yang dibutuhkan yaitu akuntansi manajemen. Sebagai salah satu pengolahan informasi keuangan, akuntansi manajemen merupakan tipe akuntansi yang mengolah informasi keuangan yang terutama untuk memenuhi keperluan manajemen dalam melaksanakan fungsi perencanaan dan pengendalian organisasi. Akuntansi manajemen menyediakan kerangka acuan untuk mengevaluasi informasi dari segi tujuan-tujuan organisasi, dan memberikan informasi kepada pihak manajemen dan pihak-pihak lainnya dalam organisasi.Informasi akuntansi manajemen memberikan informasi berkaitan dengan kegitan ekonomi yang menimbulkan biaya. Oleh karena itu informasi biaya sangat penting bagi manajer dalam mengambil suatu keputusan. Analisis biaya di rumah sakit pemerintah semakin penting sejalan dengan kebijakan pengembangan rumah sakit. Analisis biaya untuk menentukan biaya satuan (unit cost), efisiensi biaya serta untuk menentukan tarif rumah sakit. Hasil penelitian menunjukan bahwa semua perhitunganperhitungan yang terjadi antara rumah sakit dan perhitungan akuntansi biaya sangat signifikan. Hal ini dapat terjadi karena perhitungan biaya per unit (unit cost) terakhir pada tahun 2011 tidak menggambarkan pemakaian biaya yang terjadi pada tahun 2015. Selain itu rumah sakit tidak membebankan biaya depresiasi atas biaya operasional, sehingga perhitungan biaya per unit (unit cost) tidak dihitung secara tepat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis biaya (cost analyst), biaya langsung (direct cost), biaya tidak langsung (indirect cost), biaya per unit (unit cost), penelusuran (tracing).
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 May 2018 13:35
Last Modified: 07 May 2018 13:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14662

Actions (login required)

View Item View Item