PENGARUH INFLASI, NILAI TUKAR, DAN SUKU BUNGA TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA SKRIPSI

Febrianto, Yohanes Lantrua (2017) PENGARUH INFLASI, NILAI TUKAR, DAN SUKU BUNGA TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA SKRIPSI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Yohanes Lantrua Febrianto)
EA19111.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh infalsi, nilai tukar rupiah dan suku bunga terhadap penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Terdapat 2 jenis variabel pada penelitian ini, yaitu variabel bebas yang terdiri dari, inflasi, nilai tukar rupiah, serta suku bunga, serta variabel terikat yaitu penerimaan pajak pertambahan nilai (PPN). Periode waktu penelitian ini adalah tahun 2011-2015. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis data sekunder. Data dipatkan melalui situs Badan Pusat Statistik (BPS), portal Bank Indonesia, portal Kementerian Keuangan serta Direktorat Jendral Pajak (DJP) provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik analisis linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel inflasi dan suku bunga tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan PPN. Sedangkan variabel nilai tukar rupiah berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerimaan PPN. Secara bersama-sama, variabel inflasi, nilai tukar dan suku bunga berpengaruh terhadap penerimaan PPN di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Inflasi, nilai tukar, suku bunga, pajak pertambahan nilai, Yogyakarta
Subjects: Akuntansi > Perpajakan / Sektor Publik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 May 2018 08:53
Last Modified: 08 May 2018 08:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14667

Actions (login required)

View Item View Item