PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA MIROTA KAMPUS BABARSARI YOGYAKARTA

Putra, Prakhas Pradana (2018) PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA MIROTA KAMPUS BABARSARI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Prakhas Pradana Putra)
EM20544.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh elemen store atmosphere yaitu exterior, general interior, store layout, interior point of interest display terhadap pembelian impulsif konsumen Mirota Kampus Babarsari Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang pernah melakukan pembelian di Mirota Kampus Babarsari, Yogyakarta. Sampel yang diambil sebanyak 150 responden dengan menggunkan metode purposive sampling, yaitu penetuan responden dari populasi dengan kriteria yang telah ditentukan. Uji validitas instrument menggunakan korelasi Bevariate Pearson, sedangkan uji reliabilitasnya xvii menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Exterior tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif konsumen dengan nilai t-hitung sebesar -0,066 < nilai t-tabel 1,976 dan tingkat signifikansi 0,463 < propabilitas-out 0,1. (2) General Interior tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif konsumen dengan nilai thitung sebesar 0,062 < nilai t-tabel 1,976 dan tingkat signifikansi 0,351 < propabilitas-out 0,1. (3) Store Layout berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif konsumen dengan tingkat signifikansi 0,100 sama dengan propabilitasout 0,1. (4) Interior Point of Interest Display berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif konsumen dengan nilai t-hitung sebesar 3,184 > nilai t-tabel 1,976 dan tingkat signifikansi 0,002 < propabilitas-out 0,1. (5) store layou, dan interior point of interest display secara simultan berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif konsumen dengan nilai F hitung sebesar 23,217 > nilai F tabel 2,43 dan tingkat signifikansinya 0,000. (6) Besarnya pengaruh store layout dan interior point of interest display terhadap pembelian impulsif konsumen adalah sebesar 24,0%. Dapat disimpulkan bahwa dari keempat variabel independen hanya dua variabel yang signifikan dan berpengaruh positif terhadap pembelian impulsive yaitu store layout dan interior point of interest display.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: exterior, general interior, store layout, interior point of interest display, dan impulse buying
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 May 2018 08:44
Last Modified: 15 May 2018 08:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14712

Actions (login required)

View Item View Item