Fajarai, Prayogo (2018) PENGARUH KECENDERUNGAN PEMBELIAN YANG MENCARI VARIASI DAN SENSITIVITAS HARGA TERHADAP UTILITARIAN DAN HEDONIC VALUE DALAM KEPUASAN BELANJA. S1 thesis, UAJY.
Text (Prayogo Fajarai)
EM20577.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Membuat konsumen merasa puas dalam kegiatan berbelanja merupakan tujuan dari setiap perusahaan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen dalam berbelanja. Irani dan Hanzaee (2011) menyatakan bahwa kebutuhan mencari variasi, sensitivitas harga, motivasi hedonis dan motivasi utilitarian sebagai variabel prediktor kepuasan belanja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kecenderungan pembelian yang mencari variasi dan sensivitas harga terhadap hedonic shopping value dan utilitarian shopping value. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui pengaruh hedonic shopping value dan utilitarian shopping value terhadap kepuasan belanja. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini adalah kuesioner. Penelitian mengambil obyek 200 orang konsumen yang pernah berbelanja produk fashion di Matahari Department Store di wilayah Yogyakarta dalam 6 bulan terakhir. Hasil penelitian memberikan bukti yang nyata bahwa kepuasan belanja secara signifikan dipengaruhi oleh motivasi hedonis dan motivasi utilitarian. Motivasi hedonis dan motivasi utilitarian dalam pembelian produk fashion di Matahari Department Store dipengaruhi oleh kebutuhan mencari variasi dan sensitivitas harga.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelian yang mencari variasi, sensitivitas harga, motivasi hedonis, motivasi utilitarian dan kepuasan belanja. |
Subjects: | Manajemen > Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 16 May 2018 11:15 |
Last Modified: | 16 May 2018 11:15 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14740 |
Actions (login required)
View Item |