ANALISIS KINERJA RUAS JALAN (STUDI KASUS JALAN KARANGLO YOGYAKARTA)

Ranggu, Liberius (2018) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN (STUDI KASUS JALAN KARANGLO YOGYAKARTA). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Liberius Ranggu)
TS14418.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Jalan Karanglo memiliki volume lalu lintas yang cukup tinggi. Jalan Karanglo merupakan salah satu jalan yang disibukan oleh aktivitas lalu lintas. Jalan Karanglo memiliki berbagai masalah terkait volume lalu lintas seperti kendaraan yang berhenti pada sisi jalan baik sepeda motor ataupun kendaraan ringan dan kendaraan berat yang menyebabkan terjadi kemacetan pada ruas Jalan tersebut. Penelitian dilaksanakan dengan melakukan pengumpulan data dengan menggunakan 2 metode pengumpulan data yaitu data primer berupa volume lalu lintas, waktu tempu, dan hambatan samping, sedangkan data sekunder berupa data jumlah penduduk. Penelitian dilakukan selama 3 hari yaitu pada tanggal 1 Mei 2017, 3 Mei 2017, 6 Mei 2017. Analisis data dilakukan berdasarkan manual kapasitas Jalan Indonesia 1997 dan Peraturan Mentri Perhubungan Nomor KM 14 Tahun 2006, untuk mengetahui tingkat pelayanan ruas jalan tersebut. Dari hasil analisis data penelitian didapat Q sebesar 1055,7 total frekuensi berbobot hambatan samping 1227,14. Kecepatan arus bebas (FV) sebesar 26.87 km/jam, kecepatan tempuh (V) sebesar 21 km/jam, waktu tempuh 8,571 detik, kapasitas (C) sebesar 1227,14 smp/jam. Derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,86, dan termasuk dalam tingkat pelayan D karena memiliki kecepatan mendekati tidak stabil.Berdasarkan manual kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 faktor hambatan samping yang paling berpengaru adalah kendaraan yang berhenti dan parkir pada ruas jalan jika ditiadakan pada salah satu sisi jalan, kecepatan kendaraan menjadi 33,497 km/jam, kapasitas (C) sebesar 2069,2 smp/jam, dan derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,55. Termasuk dalam tingkat pelayanan C, karena memiliki kecepatan yang masih tergolong rendah. Walaupun tingkat pelayanan berubah, akan tetapi kapasitas jalan menjadi bertambah, sehingga dapat mencegah kemacetan pada Jalan tersebut

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ruas jalan, tingkat pelayanan, hambatan samping, kecepatan tempuh.
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 May 2018 09:31
Last Modified: 18 May 2018 09:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14778

Actions (login required)

View Item View Item