PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PUBLIC RELATIONS OFFICER DENGAN PELANGGAN TERHADAP CITRA PERUSAHAAN (Studi Eksplanatif dalam Hubungan Pelanggan di Radio Sasando FM Yogyakarta)

Francisco, Maria Angelina (2018) PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PUBLIC RELATIONS OFFICER DENGAN PELANGGAN TERHADAP CITRA PERUSAHAAN (Studi Eksplanatif dalam Hubungan Pelanggan di Radio Sasando FM Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Maria Angelina Francisco)
KOM04805.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Komunikasi interpersonal dikenal sebagai proses penyampaian pesan untuk mencapai kesamaan makna antara paling tidak ada dua orang dalam situasi yang memungkinkan adanya kesempatan yang sama bagi pembicara dan pendengar. Adanya pengaruh komunikasi interpersonal dilihat dari lima sikap yakni, keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif dan kesetaraan. Radio Sasando FM merupakan salah satu instansi yang bergerak dalam bidang komunikasi dan media massa yang berdiri pada tanggal 28 Agustus 2002 dengan memiliki ciri khas siaran yaitu setiap program acara dibentuk secara khusus sesuai dengan segmentasi pendengarnya. Penelitian ini dilakukan dengan cara menggunakan metode survey. Peneliti mengambil seluruh populasi serta menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang berada di Radio Sasando FM Yogyakarta, yang berjumlah 30 pelanggan, baik tetap maupun tidak tetap. Hasil uji analisis korelasi product moment, didapatkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,802 dan signifikansi 0,000<0,005 yang menunjukkan adanya hubungan antara variabel kualitas komunikasi interpersonal public relations officer (X) terhadap citra perusahaan (Y). Hubungan kedua variabel masuk dalam kategori baik dengan variabel kualitas komunikasi interpersonal public relations officer, yakni sebesar 93.3% (X) dengan pelanggan terhadap citra perusahaan sebesar 90.0% (Y).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi interpersonal, public relations officer, citra, pelanggan.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 May 2018 13:09
Last Modified: 21 May 2018 13:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14830

Actions (login required)

View Item View Item