Implementasi Strategi Komunikasi Pemasaran Even organizer kirei Dalam Menciptakan Ketertarikan Pelanggan Pada Periode Tahun 2016-2017

Dhiannita, Melati (2018) Implementasi Strategi Komunikasi Pemasaran Even organizer kirei Dalam Menciptakan Ketertarikan Pelanggan Pada Periode Tahun 2016-2017. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Melati Dhiannita)
KOM04704.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Pertumbuhan akan kebutuhan penggunaan jasa di kota Yogyakarta semakin berkembang hingga sekarang ini. Gaya hidup masyarakat yang modern menuntut segala kemudahan dan efisiensi dalam segala aktifitas mereka. Sehingga layanan jasa yang ada memyebabkan masyarakat lebih kritis menilai segala bentuk jasa dan produk yang ditawarkan kepada mereka. Kegiatan komunikasi pemasaran adalah salah satu cara yang dilakukan oleh Kirei untuk menunjak ketertarikan pelanggan dalam menggunakan jasa mereka. Salah satunya adalah kegiatan promotion mix, seperti periklanan, personal selling, sales promotion, public relations, dan direct marketing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode yang bersifat deskriptif. Penelitian ini mendeskripsikan hasil temuan dan menganalisis hasil temuan tersebut. Penelitian ini menggunakan triagulasi metode dan pengumpulan data dilakukan kepada narasumber melalui wawancara, observasi dan dokumentasi untuk melakukan keabsahan data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi strategi komunikasi pemasaran event organizer Kirei dalam menciptakan ketertarikan pelanggan pada periode tahun 2016-2017. Pada akhirnya, diketahui bahwa implementasi strategi komunikasi pemasaran yang Kirei lakukan memiliki tahapan mulai dari perencanaan, pengawasan, monitoring hingga kontrol terhadap aktivitas komunikasi pemasaran yang meliputi periklanan, direct marketing, personal selling, sales promotion, public relations ini relevan dengan komunikasi pemasaran yang ada. Selain itu, melalui penelitian ini dapat diketahui bahwa pendekatan strategi komunikasi pemasaran yang Kirei lakukan lebih mengarah pada push strategy dimana Kirei lebih mengembangkan kerja sama dengan vendorvendor yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya. Keberhasilan Kirei dalam menciptakan ketertarikan pelanggan melalui strategi dan komunikasi pemasaran, dapat dilihat dengan menggunakan metode DAGMAR pada tahap conviction. Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan relative masih rendah terutama dalam bidang direct marketing, sehingga perlu ditingkatkan dalam menggunakan iklan berbayar yang ada pada Instagram atau Facebook, selain itu perlu ditinjau dari sudut pandang kondisi perekonomian yang sedang berlangsung di Yogyakarta pada saat itu bagi penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Event organizer, Ketertarikan Pelanggan
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 May 2018 13:19
Last Modified: 22 May 2018 13:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14847

Actions (login required)

View Item View Item