POSITIONING RESTORAN CEPAT SAJI KENTUCKY FRIED CHICKEN, MCDONALD’S, A&W, DAN CALIFORNIA FRIED CHICKEN BERDASARKAN PERSEPSI SISWA SMKN 6 YOGYAKARTA

DARMAYA, ALZENA ANSOGAR (2018) POSITIONING RESTORAN CEPAT SAJI KENTUCKY FRIED CHICKEN, MCDONALD’S, A&W, DAN CALIFORNIA FRIED CHICKEN BERDASARKAN PERSEPSI SISWA SMKN 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ALZENA ANSOGAR DARMAYA)
KOM04495.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Perkembangan restoran cepat saji sebagai penanda kehidupan modern. Hal ini dikaitkan dengan kebutuhan masyarakat modern yang semakin berkembang dengan membutuhkan layanan yang cepat. Restoran cepat saji di Indonesia saat ini dapat mudah di jumpai di kota – kota besar maupun di jalan – jalan protokol. Terdapat empat restoran cepat saji terbesar dengan konsep yang sama di Indonesia yaitu Kentucky Fried Chiken, McDonald’s, A&W dan California Fried Chicken, sehingga peneliti tertarik untuk mengetahui positioning ke empat restoran cepat saji berdasarkan persepsi siswa SMKN 6 Yogyakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu komunikasi pemasaran, teori manajemen makna terkoordinasi ,persepsi dan positioning. Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian kuantitatif metode deskriptif. Populasi dalam penelitian yaitu siswa SMKN 6 Yogyakarta dengan mengambil sampel sebanyaj 120 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan ciri siswa SMKN 6 Yogyakarta pernah mengkonsumsi makanan dan minuman restoran cepat saji Kentucky Fried Chiken, McDonald’s, A&W dan California Fried Chicken. Terdapat 18 atribut yang dapat membantu responden memberikan persepsinya terhadap ke empat restoran cepat saji tersebut. Atribut rasa, pembaharuan varian menu, banyaknya pilihan varian menu, memiliki ke khasan dalam rasa, kualitas produk, menu paket, nilai gizi, iklan, kenyamanan tempat, fasilitas, lokasi restoran, harga, diskon harga, kemasan, kehangatan dalam penyajian makanan, kecepatan pelayanan, dan keramahan pelayanan. Analisis data menggunakan Multidimensional Scalling (MDS) metode preferensi dengan model compensatory dan analisis faktor. Berdasarkan hasil penelitian, peta persepsi yang dihasilkan oleh analisis skala multidimensional dengan metode preferensi menunjukkan bahwa A&W merupakan pesaing terdekat Kentucky Fried Chicken (KFC), pesaing kedua adalah McDonald’s dan yang paling jauh adalah California Fried Chicken (CFC). Hasil analisis posisioning yang paling kuat dari restoran cepat saji yaitu, Kentucky Fried Chicken (KFC) yang paling kuat adalah pada atribut update varian menu, sedangkan McDonal’s paling kuat yaitu pada atribut rasa, sementara itu pada A& W yang paling kuat adalah pada fasilitas dan pada California Fried Chicken yang paling kuat adalah pada atribut keramahan pelayanan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Restoran Cepat Saji, Positioning, dan Multidimensional Scalling
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 May 2018 09:19
Last Modified: 23 May 2018 09:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14855

Actions (login required)

View Item View Item