PENGARUH DAYA TARIK STORE ATMOSPHERE TERHADAP MINAT BELI ULANG YANG DIANTARAI BRAND IMAGE PADA KONSUMEN BLANCO COFFEE AND BOOK

HILLARY, GISCA (2018) PENGARUH DAYA TARIK STORE ATMOSPHERE TERHADAP MINAT BELI ULANG YANG DIANTARAI BRAND IMAGE PADA KONSUMEN BLANCO COFFEE AND BOOK. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (GISCA HILLARY)
KOM05160.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Daya tarik store atmosphere sebagai salah satu cara yang digunakan untuk menarik minat konsumen, membentuk brand image, dan menciptakan pelanggan yang loyal dilakukan oleh Blanco Coffee and Book. Cara ini digunakan sebagai bentuk komunikasi non-verbal untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu kepada konsumen. Tiga elemen yang ada dalam store atmosphere adalah eksterior, interior, dan tata letak (layout). Lingkungan suasana kafe yang diciptakan melalui ketiga elemen store atmosphere tersebut memiliki pengaruh dalam membentuk citra merek (brand image) Blanco Coffee and Book. Oleh karena itu, digunakan teori SMCR dengan konsep tiga elemen daya tarik store atmosphere, brand image, dan minat beli ulang konsumen untuk menguji variabel daya tarik store atmosphere (X) terhadap minat beli ulang (Y) yang diantarai brand image (Z). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanatif. Sampel sebanyak 100 konsumen dengan menggunakan metode survey. Data primer diperoleh melalui kuisioner yang diberikan kepada responden. Uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah product moment dan uji reliabilitas menggunakan metode alpha cronbach. Analisis data menggunakan analasis regresi linear sederhana yang dilakukan sebanyak dua kali. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa semua instrumen penelitian valid dan reliabel. Hasil dari penelitian ini adalah variabel daya tarik store atmosphere memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand image dengan koefisien regresi (R) sebesar 0,748 dan signifikansi 0,000 dan variabel brand image memiliiki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli ulang dengan koefisien regresi (R) sebesar 0,710 dan signifikansi 0,000. Kontribusi variabel daya tarik store atmosphere terhadap brand image adalah sebesar 56%, sedangkan kontribusi brand image terhadap minat beli ulang sebesar 54%. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menyimpulkan bahwa ada pengaruh daya tarik store atmosphere terhadap minat beli ulang yang diantarai brand image pada konsumen Blanco Coffee and Book.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Daya Tarik Store Atmosphere, Brand Image, Minat Beli Ulang.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 May 2018 09:31
Last Modified: 23 May 2018 09:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14856

Actions (login required)

View Item View Item