PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PADA KEMUNCULAN RADIO STREAMING PAMITYANG2AN SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF (Studi Deskriptif Kualitatif Kemunculan Radio Streaming Pamityang2an Sebagai Media Alternatif)

WENING, CORNELIA TYAS (2018) PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PADA KEMUNCULAN RADIO STREAMING PAMITYANG2AN SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF (Studi Deskriptif Kualitatif Kemunculan Radio Streaming Pamityang2an Sebagai Media Alternatif). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (CORNELIA TYAS WENING)
KOM04767.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Perkembangan teknologi berupa internet memberikan dampak bagi media massa, tidak terkecuali radio. Berawal dari radio konvensional melalui jaringan AM dan FM, radio berkembang menjadi radio internet dan dapat diakses secara streaming. Radio dengan format streaming ini dapat dikatakan sebagai media alternatif, karena bisa menjadi pilihan lain bagi pendengar yang tidak dapat menjangkau frekuensi stasiun radio konvensional. Salah satu radio streaming si Yogyakarta yaitu Pamityang2an yang hadir dengan inovasi konsep radio streaming tanpa memiliki frekuensi. Pamityang2an juga melakukan siaran tanpa menggunakan suara penyiar dan berkomunikasi dengan pendengarnya melalui akun media sosial Twitter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan khalayak pendengar radio Pamityang2an mengenai inovasi penggunaan teknologi yang digunakan oleh Pamityang2an. Metode dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan mewawancarai lima orang pendengar Pamityang2an yang didapatkan dari media sosial Twitter dan Instagram. Analisis dilakukan dengan menggunakan teori Difusi Inovasi yang membahas bagaimana sebuah ide dan teknologi baru dapat menjadi bagian dari sebuah sistem sosial dan memiliki lima tahapan proses penentuan adopsi sebuah inovasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima khalayak pendengar memilih untuk mengadopsi inovasi dari Pamityang2an setelah melalui lima tahap proses penentuan adopsi inovasi. Disonansi yang dialami oleh kelima khalayak pendengar berupa keterbatasan kuota internet untuk melakukan streaming dan sinyal yang putus-putus dapat diatasi dengan beberapa solusi yang dipilih oleh kelima khalayak tersebut. Penelitian yang dilakukan memberikan kesimpulan bahwa khalayak mendengarkan radio Pamityang2an karena menganggap radio ini merupakan radio yang unik, efektif dalam berinteraksi dengan pendengarnya, musik yang diputar sama dengan selera music pendengar, dan juga praktis karena dapat didengarkan di manapun.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Streaming, Media Alternatif, Pamityang2an, Tanggapan Khalayak Pendengar
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 May 2018 09:40
Last Modified: 23 May 2018 09:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14857

Actions (login required)

View Item View Item