LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PUSAT PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN OLAHRAGA BULUTANGKIS DI MAGUWOHARJO, YOGYAKARTA

Agunthea, Putu Iwan (2012) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PUSAT PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN OLAHRAGA BULUTANGKIS DI MAGUWOHARJO, YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TA12697.pdf

Download (27Mb)
[img] Text (Bab I)
1TA12697.pdf

Download (926Kb)
[img] Text (Bab II)
2TA12697.pdf

Download (2233Kb)
[img] Text (Bab III)
3TA12697.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1751Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TA12697.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2099Kb)
[img] Text (Bab V)
5TA12697.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7Mb)
[img] Text (Bab VI)
6TA12697.pdf

Download (3570Kb)

Abstract

Sejak tahun 2008, olahraga bulutangkis Indonesia mengalami penurunan prestasi. Penurunan prestasi yang dialami oleh Indonesia dalam olahraga bulutangkis tidak lepas dari lambannya regenerasi yang dilakukan terhadap atlet bulutangkis Indonesia. Dengan adanya penurunan prestasi dan lambannya regenerasi olahraga bulutangkis di Indonesia, maka timbullah ide untuk membuat sebuah pusat pembinaan dan pengembangan olahraga bulutangkis yang dapat mewadahi dan mengembangkan bibit-bibit atlet bulutangkis Indonesia. Pusat pembinaan Olahraga bulutangkis ini memiliki nama Jogja Badminton Center (JBC). Jogja Badminton Center adalah sebuah bangunan yang mewadahi pembinaan dan pengembangan olahraga bulutangkis. Pusat pembinaan dan pengambangan olahraga bulutangkis ini dirancang di Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Konsep rancangan bangunan pusat pembinaan dan pengembangan olahraga adalah menciptakan bangunan pusat pembinaan dan pengembangan olahraga bulutangkis yang komunikatif, yaitu dengan menciptakan komunikasi antara atlet dengan atlet, atlet dengan penonton dan komunikasi antara bangunan dengan manusia diluar bangunan. Penciptaan ruang yang komunikatif dilakukan dengan pengolahan tata ruang dalam (tempat latiham, tribun penonton) dan pengolahan tata ruang luar (tampilan bangunan, warna) dengan menggunakan pendekatan arsitektur ekspresionis. Pusat pembinaan dan pengembangan olahraga bulutangkis di Maguwoharjo, Yogyakarta ini diharapkan mampu menjadi jawaban atas penurunan prestasi bulutangkis Indonesia dengan melahirkan atlet-atlet muda yang berprestasi, sehingga dapat meningkatkan prestasi olahraga bulutangkis Indonesia di dunia internasional. Selain itu, juga diharapkan sebagai pusat pembinaan dan pengembangan olahraga bulutangkis dengan standar internasional yang memiliki gelanggang dan dapat digunakan untuk pertandingan nasional dan internasional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan dan Pengembangan, Komunikatif, Arsitektur Ekspresionis.
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Apr 2013 10:09
Last Modified: 03 May 2013 09:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/149

Actions (login required)

View Item View Item