PENGEMBANGAN STASIUN LEMPUYANGAN SEBAGAI STASIUN EKONOMI DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEKSTUAL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Hasan, Prayogo Ilham (2018) PENGEMBANGAN STASIUN LEMPUYANGAN SEBAGAI STASIUN EKONOMI DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEKSTUAL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Prayogo Ilham Hasan)
TA14755.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Stasiun Lempuyangan adalah stasiun tertua yang berada di Yogyakarta. Stasiun tersebut melayani pengiriman barang dan penumpang ekonomi. Lokasi stasiun Lempuyangan terletak di jalan Lempuyangan Danurejan Yogyakarta. Luas lahan sebesar 45.000 m2. Kondisi lingkungan bangunan sekitar merupakan bangunan hunian dan bangunan komersial. Perancangan stasiun Lempuyangan diusulkan guna untuk menanggapi beberapa permasalahan yang sering terjadi pada stasiun Lempuyangan. Permasalahan-permasalahan yang ada berupa permasalahan gudang semen yang berada pada sisi utara stasiun dapat menganggu lingkungan daerah tersebut. Kedua permasalahan ruang parkir yang belum memenuhi kebutuhan penumpang. Ketiga permasalahan sirkulasi antar peron yang berbahaya bagi penumpang. Keempat permasalahan moda transportasi lanjutan yang berguna untuk mengakomodasi wisatawan ketika hendak melanjutkan perjalanan ke destinasi wisata di Yogyakarta serta permasalahan wujud yang mengandung unsur desain bangunan Belanda sehingga menjadikan bangunan stasiun tidak dikenal sebagai salah satu ikon kota yang memiliki peranan penting pada sejarah kota Yogyakarta dan perekeretapian di Yogyakarta. Bangunan stasiun Lempuyangan kemudian dikembangkan guna menanggapi permasalaha di atas khususnya untuk menjadikan stasiun Lempuyangan mampu mengkomodir kebutuhan penumpang hingga proyeksi tahun 2025 serta untuk menjadikan stasiun Lempuyangan sebagai ikon kota Yogyakarta dan untuk meningkatkan pariwisata Yogyakarta dengan peningkatan mutu stasiun dan menambah fasilitas penunjang untuk memenuhi kebutuhan penumpang. Pengembangan stasiun Lempuyangan dengan menggunakan pendekatan arsitektur kontekstual agar tidak menghilangkan visual lingkungan dan menyelaraskan bangunan stasiun terhadap bangunan di sekitar lingkungannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta, Kebutuhan Penumpang, Ikon Kota, Arsitektur Kontekstual
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Jun 2018 09:05
Last Modified: 07 Jun 2018 09:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14974

Actions (login required)

View Item View Item