ANALISIS KESUKSESAN SOFTWARE SAP PADA MODUL FINANCE ACCOUNTING AND CONTROLLING (FI-CO) MENGGUNAKAN MODEL KESUKSESAN DELONE & MCLEAN 2003

Sucipto, Anton Priambodo (2018) ANALISIS KESUKSESAN SOFTWARE SAP PADA MODUL FINANCE ACCOUNTING AND CONTROLLING (FI-CO) MENGGUNAKAN MODEL KESUKSESAN DELONE & MCLEAN 2003. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Anton Priambodo Sucipto)
EA19377.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah software SAP FI-CO yang digunakan dalam perusahaan sukses. Untuk menilai apakah sistem tersebut sukses atau tidak maka dalam penelitian ini digunakan model kesuksesan Delone dan Mclean (2003). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini sesuai dengan yang ada didalam Model Kesuksesan Delone&Mclean 2003, yaitu : Kualitas Sistem,Kualitas Informasi,Kualitas Layanan,Penggunaan Sistem,Kepuasan Pengguna,dan Net Benefit. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan bagian akuntansi di perusahaan yang mengimplementasikan software SAP FI-CO. Pengambilan sampel menggunakan metode stratified random sampling. Dalam penelitian ini diperoleh 51 sampel. Pengujian hipotesis menggunakan analisa Structural Equation Model - Partial Least Square (SEM-PLS) dengan software SmartPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 5 hipotesis diterima, yaitu kualitas sistem berpengaruh terhadap kepuasan pengguna ; kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna ; kualitas informasi berpengaruh terhadap penggunaan sistem ; kepuasan pengguna berpengaruh terhadap net benefit. Sedangkan sisanya terdapat 4 hipotesis ditolak, yaitu : kualitas informasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna ; penggunaan sistem tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna ; kualitas sistem tidak berpengaruh terhadap penggunaan sistem ; kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap penggunaan sistem; dan penggunaan sistem tidak berpengaruh terhadap net benefit.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan sistem, kepuasan pengguna, net benefit, dan model kesuksesan Delone dan Mclean (2003).
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Jun 2018 09:32
Last Modified: 28 Jun 2018 09:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15014

Actions (login required)

View Item View Item