PENERAPAN TIME AND MATERIAL PRICING SEBAGAI DASAR PENENTUAN HARGA JUAL JASA SERVIS RINGAN PADA BENGKEL RAHARJO MOTOR BANTUL

Nugroho, Oktavianus Wendy Arya (2017) PENERAPAN TIME AND MATERIAL PRICING SEBAGAI DASAR PENENTUAN HARGA JUAL JASA SERVIS RINGAN PADA BENGKEL RAHARJO MOTOR BANTUL. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Oktavianus Wendy Arya Nugroho)
EA18820.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam persaingan dunia usaha saat ini, penentuan harga jual merupakan salah satu faktor penting untuk bertahan di dunia usaha dengan persaingan yang ketat. Perusahaan perlu memperhitungkan harga jual dengan tepat, terlebih untuk peusahaan jasa. Waktu yang digunakan dalam melakukan jasa perlu diperhitungkan dalam menentukan harga jual. Selain waktu, komponen bahan yang digunakan juga perlu diperhitungkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa harga jual jasa servis ringan motor bebek, matic, dan sport yang ditetapkan Bengkel Raharjo Motor Bantul menggunakan metode Time and Material Pricing. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tahun 2016. Penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut : (1) menghitung kapasitas yang diharapkan, (2) mengidentifikasi biaya langsung dan tidak langsung pada komponen waktu dan komponen bahan, (3) mengalokasikan biaya tidak langsung, (4) menghitung markup yang akan dibebankan pada komponen waktu dan komponen bahan, (5) melakukan perhitungan harga jual jasa. Hasil penelitian menunjukkan harga yang ditetapkan bengkel lebih tinggi dibandingkan harga jual yang ditetapkan dengan metode Time and Material Pricing. Harga jual jasa servis ringan dengan metode Time and Material Pricing yaitu : (1) Tipe motor bebek sebesar Rp 29.233,47 , (2) tipe motor matic sebesar Rp 30.975,68 , (3) tipe motor sport sebesar Rp 34.893,12.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Harga Jual, Time and Material Pricing
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Jun 2018 09:15
Last Modified: 29 Jun 2018 09:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15029

Actions (login required)

View Item View Item