ANALISIS EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT GADAI KREDIT CEPAT DAN AMAN (KCA) (Studi Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Ngupasan Yogyakarta)

Dwiswastiastu, Raditya (2017) ANALISIS EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT GADAI KREDIT CEPAT DAN AMAN (KCA) (Studi Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Ngupasan Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Raditya Dwiswastiastu)
EA20146.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kegiatan pengendalian internal yang dilakukan atas prosedur pemberian kredit gadai KCA pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Ngupasan Yogyakarta. Data yang digunakan merupakan data primer. Data primer diperoleh melalui kegiatan wawancara, inspeksi, dan observasi. Pengujian yang digunakan adalah uji komponen pengendalian internal dan uji kepatuhan pengendalian internal prosedur pemberian kredit gadai KCA. Uji komponen pengendalian internal digunakan untuk mengetahui apakah pengendalian internal terhadap prosedur pemberian kredit gadai telah memadai. Uji kepatuhan pengendalian internal digunakan untuk mengetahui apakah pengendalian internal terhadap prosedur pemberian kredit gadai KCA telah dipatuhi. Uji kepatuhan dilaksanakan dengan menginspeksi dokumen yang berkaitan dengan proses pemberian kredit gadai. Inspeksi dokumen dilaksanakan dengan metode attribute sampling dan model stop-or-go sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian internal terhadap prosedur pemberian kredit gadai KCA pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Ngupasan Yogyakarta telah efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengendalian internal, pemberian kredit gadai, efektivitas
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Jun 2018 09:28
Last Modified: 29 Jun 2018 09:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15030

Actions (login required)

View Item View Item