PENGARUH KARAKTERISTIK KOMITE AUDIT DAN UKURAN KAP TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2015

Nugroho, Krishna Widya (2017) PENGARUH KARAKTERISTIK KOMITE AUDIT DAN UKURAN KAP TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2015. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Krishna Widya Nugroho)
EA20466.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali pengaruh karakteristik komite audit yang diproksikan dengan ukuran komite audit, frekuensi pertemuan komite audit, dan kompetensi komite audit serta ukuran Kantor Akuntan Publik (KAP) terhadap manajemen laba. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan tahunan perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010-2015. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Berdasarkan proses seleksi yang telah dilakukan, jumlah sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 26 perusahaan dan jumlah data yang diperoleh sebanyak 156. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi pertemuan komite audit dan ukuran Kantor Akuntan Publik (KAP) berpengaruh terhadap manajemen laba. Sedangkan ukuran komite audit dan kompetensi komite audit tidak berpengaruh terhadap manajemen laba.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: karakteristik komite audit, ukuran Kantor Akuntan Publik, manajemen laba
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Jul 2018 08:54
Last Modified: 02 Jul 2018 08:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15041

Actions (login required)

View Item View Item