PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN BUMN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Mahulae, Desy Mariana (2017) PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN BUMN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Desy Mariana Mahulae)
EA20828.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan terhadap nilai perusahaan. Tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan dalam penelitian ini diukur berdasarkan kriteria penilaian menggunakan Global Reporting Initiative (GRI) G4 dalam Laporan Tahunan (integrated report) maupun dalam Laporan Keberlanjutan (sustainability report) perusahaan. Nilai perusahaan dalam penelitian ini adalah nilai pasar saham perusahaan yang diukur menggunakan Tobin’s q. Obyek dalam penelitian ini menggunakan perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia secara berturut-turut selama periode 2011-2015. Analisis regresi sederhana dilakukan untuk menganalisis pengaruh tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan dengan membandingkan jumlah pengungkapan tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan (CSR) terhadap jumlah item CSR yang seharusnya diungkapkan berdasarkan GRI G4, yaitu sebanyak 91 kriteria penilaian terhadap nilai perusahaan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 15 perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI periode 2011-2015, sehingga total populasi adalah sebanyak 75. Dari analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan BUMN.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan, Corporate Social Responsibility, nilai perusahaan.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Jul 2018 08:27
Last Modified: 05 Jul 2018 08:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15046

Actions (login required)

View Item View Item