PENGARUH PENGUNGKAPAN SEGMEN TERHADAP BIAYA EKUITAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA PERIODE 2014−2015

Subiantara, Yulius Ardian (2017) PENGARUH PENGUNGKAPAN SEGMEN TERHADAP BIAYA EKUITAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA PERIODE 2014−2015. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Yulius Ardian Subiantara)
EA20266.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan segmen yang diproksikan dengan checklist item-item pengungkapan segmen dalam PSAK 5 dan peraturan BAPEPAM terhadap biaya ekuitas. Jumlah informasi segmen yang diungkapkan akan mengurangi biaya ekuitas. Hal ini disebabkan dengan adanya pengungkapan informasi segmen, asimetri infomasi yang ada semakin berkurang, risiko yang ditanggung investor menjadi berkurang, sehingga return yang diminta investor juga menjadi rendah. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang menerbitkan laporan keuangan berturut-turut selama 2011-2015. Berdasakan kriteria yang ditetapkan, terdapat 148 sampel perusahaan manufaktur yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian yag dilakukan menunjukan bahwa jumlah informasi segmen yang diungkapkan perusahaan tidak berpengaruh terhadap biaya ekuitas. Sementara variabel control yaitu ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap biaya ekuitas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan segmen, Biaya ekuitas, Ukuran Perusahaan
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Jul 2018 10:28
Last Modified: 05 Jul 2018 10:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15053

Actions (login required)

View Item View Item