PENERAPAN METODE TARGET COSTING PADA PT.EXPRESS GRAFIKA JAKARTA

Indrayani, Luh Putu (2017) PENERAPAN METODE TARGET COSTING PADA PT.EXPRESS GRAFIKA JAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Luh Putu Indrayani)
EA19819.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan target costing dalam menekan biaya produksi dengan studi kasus pada perusahaan percetakan PT Express Grafika Jakarta. Produk PT Express Grafika Jakarta yang diteliti adalah barcode label sticker 500 sticker / roll. Data yang digunakan dalam penelitian ini dibatasi data PT Express Grafika Jakarta tahun 2015. Jenis penelitian dikategorikan sebagai penelitian studi kasus. Penelitian akan dilakukan di PT Express Grafika Jakarta yang terletak di Jalan Prepedan Dalam No. 49, Kalideres, Kamal, RT.6 / RW.9, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Dalam penelitian ini data primer diperoleh langsung dari sumbernya dengan melakukan wawancara kepada pimpinan dan staf perusahaan. Data sekunder berupa dokumentasi pada bulan Januari – April 2017 mengenai perhitungan biaya produksi dan penerapan target costing. Hasil analisis menunjukkan bahwa melalui penerapan metode target costing, cost produksi yang dikeluarkan perusahaan adalah Rp 71.917,8 per roll. Dengan target price sebesar Rp 75.000, maka target cost produksinya adalah Rp 60.660. Setelah dilakukan cost reduction, maka cost produksi dapat diturunkan menjadi Rp 60.635,8. Dengan demikian, target cost produksi bisa dicapai. costing, informasi akuntansi manajemen, target costing.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: costing, informasi akuntansi manajemen, target costing.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Jul 2018 08:59
Last Modified: 06 Jul 2018 08:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15058

Actions (login required)

View Item View Item