PENGARUH PENGHINDARAN PAJAK TERHADAP BIAYA HUTANG PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011-2015

Putri, Fransiska Novita (2017) PENGARUH PENGHINDARAN PAJAK TERHADAP BIAYA HUTANG PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011-2015. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Fransiska Novita Putri)
EA20231.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali secara empiris pengaruh penghindaran pajak terhadap biaya hutang dan menggunakan metode pengukuran Current ETR dan GAAP ETR untuk penghindaran pajak sehingga dapat diketahui metode pengukuran mana yang dapat menjelaskan ada dan tidak adanya tindakan penghindaran pajak dengan lebih baik. Penelitian ini dilakukan pada periode waktu yang berbeda yaitu tahun 2011 sampai dengan 2015. Penelitian ini merupakan penelitian empiris. Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2011-2015. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan didapatkan 225 laporan keuangan dari 45 perusahaan manufaktur di BEI dari tahun 2011-2015. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini untuk pengujian statistik digunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa Current ETR berpengaruh positif signifikan terhadap biaya hutang dan GAAP ETR berpengaruh positif signifikan terhadap biaya hutang. ETR memiliki hubungan yang terbalik dengan penghindaran pajak sehingga penghindaran pajak berpengaruh negatif signifikan terhadap biaya hutang. Dari hasil pengujian statistik yang dilakukan terlihat bahwa GAAP ETR lebih baik daripada Current ETR dalam menjelaskan tindakan penghindaran pajak karena nilai R2 GAAP ETR yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan nilai R2 Current ETR.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penghindaran Pajak, Current ETR, GAAP ETR, Biaya Hutang
Subjects: Akuntansi > Perpajakan / Sektor Publik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Jul 2018 10:13
Last Modified: 06 Jul 2018 10:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15065

Actions (login required)

View Item View Item