ANALISIS PEMBERIAN OPINI GOING CONCERN DILIHAT DARI OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA, PENGGANTIAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK, DEBT EQUITY RATIO, RETURN ON ASSETS, DAN CURRENT RATIO (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2016 )

Puspita, Erica (2017) ANALISIS PEMBERIAN OPINI GOING CONCERN DILIHAT DARI OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA, PENGGANTIAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK, DEBT EQUITY RATIO, RETURN ON ASSETS, DAN CURRENT RATIO (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2016 ). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Erica Puspita)
EA19526.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan opini audit tahun sebelumnya dan penggantian kantor akuntan publik terhadap pemberian opini going concern, sekaligus menguji apakah debt equity ratio (DER), return on asset (ROA) dan current ratio (CR) memiliki pengaruh terhadap pemberian opini going concern. Dalam penelitian ini menggunakan dua model pengujian yaitu regresi logistik dan uji Mann-Whitney U-Test. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 138 perusahaan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2013- 2016. Data dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan Keuangan Tahunan perusahaan. Alat analisis yang digunakan adalah pengujian regresi logistic dengan tingkat signifkansi 5%, Mann-Whitney U-Test dengan tingkat signifikansi 5% dan crosstabulation untuk melihat tingkat persentase perbedaan pada variabel opini auditor tahun sebelumnya dan penggantian kantor akuntan publik. Hasil penelitian setelah dilakukan uji menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada opini audit tahun sebelumnya dan penggantian kantor akuntan publik dari hasil dari uji Mann-Whitney U-Test. Diikuti dengan hasil uji regresi logistik untuk pengaruh debt equity ratio (DER), return on asset (ROA) berpengaruh positif terhadap pemberian opini going concern dan current ratio (CR) berpengaruh negatif terhadap pemberian opini going concern.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Opini audit going concern, Opini Audit Tahun Sebelumnya, Penggantian Kantor Akuntan Publik, Debt Equity Ratio, Return on Asset dan Current Ratio.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Jul 2018 10:23
Last Modified: 06 Jul 2018 10:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15066

Actions (login required)

View Item View Item